Pengertian Aplikasi Pada Komputer


Pengertian Aplikasi Pada Komputer
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Aplikasi Pada Komputer, langsung saja simak ulasan berikut ini :
Secara fungsi dan pengembangannya aplikasi komputer pada jaman sekarang ini semakin canggih, dengan kecanggihannya sehingga dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Tapi, secanggih apapun komputer kita jika tidak ada yang namanya aplikasi komputer kita tidak akan ada gunanya. Dengan adanya aplikasi dan komputer yang mendukung aplikasi yang terinstall di komputer kita semakin mudah dan terbantu dengan adanya aplikasi ini. Sehingga pada jaman sekarang ini banyak orang yang berlomba-lomba menciptakan aplikasi yang canggih.
Pengertian Aplikasi Pada Komputer



Sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang menggunakan berbagai jenis aplikasi, namun mereka hanya tahu cara menggunakannya tetapi tidak tahu apa definisi atau arti dari aplikasi komputer tersebut. Aplikasi komputer adalah sebuah program komputer yang telah diciptakan dalam suatu bahasa pemograman dan digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu.
Jadi maksud dari keterangan diatas adalah aplikasi digunakan sesuai dengan kebutuhan dan fungsi masing-masing. Contohnya aplikasi antivirus, sudah tentu gunanya adalah untuk mencegah virus pada komputer kita, selain mencegah juga bisa untuk membersihkan virus yang sudah mengendap pada komputer.
Disisi lain terdapat juga pengertian aplikasi komputer, yaitu suatu perintah yang dieksekusi dalam memberikan petunjuk kerja dan fungsi yang diinginkan. Dimana struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proposional dan dokumen yang menggambarkan operasi serta kegunaan program aplikasi.
Fungsi Aplikasi Pada Komputer
Aplikasi pada komputer dapat mempermudah pekerjaan manusia, dengan semakin banyaknya kegunaan aplikasi semakin banyak pula orang yang bersaing membuat aplikasi yang bermanfaat dan berguna untuk membantu pekerjaan manusia. Contohnya saja aplikasi perbankan yang digunakan untuk mengecek saldo pada rekening. Jadi petugas tidak perlu mengecek satu persatu untuk mengecek setiap saldo rekening nasabah bank tersebut. Tentu saja hal ini sangat mempermudah pekerjaan petugas bank, jadi itulah kegunaan suatu program ataupun aplikasi.
Fungsi aplikasi komputer yang kedua adalah sebuah pengontrol pembuatan sebuah produk. Dengan kata lain peranannya untuk mengantar produk, software berlaku sebagai dasar kontrol komputer (system operasi), komunikasi informasi (jaringan) dan penciptaan serta control program-program lain.

Proses Pengembangan Aplikasi Komputer
Proses pengembangan aplikasi komputer sama dengan proses rekayasa keteknikan lainnya. Sebuah model mengenai proses pengembangan perangkat lunak yang diturunkan dari aktifitas rekayasa ketenikan yang terima oleh manajemen proyek perangkat lunak karena menawarkan cara membuat proses pengembangan yang lebih baik.
Pada proses pengembangan ini terdapat beberapa tahap yang perlu dilakukan. Tahap pertama adalah menganalisis dan mendefinisakan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat kelak. Tentunya hal ini perlu karena orang yang membuat aplikasi sudah tentu mereka memikirkan kegunaan aplikasi ini dimasa mendatang.
Fase yang kedua adalah fase yang merupakan tahapan implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Sudah pasti harus menggunakan fase ini, karena disini akan ada penulisan program yang terlah direncanakan sebelumnya. Selain itu juga perlu ada pengujian pada fungsi, apakah peranan aplikasi ini akan berjalan sesuai rencana atau tidak.
Fase yang ketiga adalah fase instalasi, fase ini merupakan fase yang terakhir dalam menciptakan sebuah aplikasi komputer. Fungsi ini perlu dilakukan guna untuk mengecek apakah aplikasi ini dapat berjalan dengan baik atau tidak. Tidak hanya itu, apakah aplikasi komputer juga memenuhi kriteria dan memenuhi kegunaan yang dapat dimanfaatkan dimasa mendatang.
Jadi intinya, membuat aplikasi ini perlu merencanakan secara matang. Hal ini sudah tentu dilakukan para programmer aplikasi komputer, mereka sudah menyusun sedemikian rupa dan secara matang dengan berbagai konsep yang telah disiapkan dari jauh hari. Mereka mempunyai tujuan yang baik dan berguna dengan cara menciptakan aplikasi ini, mereka membuat aplikasi selain menguntungkan diri mereka sendiri juga menguntungkan orang lain yang menggunanakan aplikasi ciptaan mereka.
Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Pengertian Aplikasi Pada Komputer, mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel