Mengenal Sejarah Internet


Sejarah Internet

Pada tahun 1963, RAND Cooperation-suatu organisasi pengendali perang dingin Amerika Serikat, menghadapi masalah yang rumit. Yaitu bagai mana Amerika Serikat tetap dapat berkomunikasi secara lancar jika sedang terjadi perang nuklir, dan dalam kondisi saat perang sudah usai.

Solusi masalah ini ialah dengan menciptakan sebuah jaringan yang meng hubungkan semua tempat sarana strategis di seluruh Amerika Serikat, dan tetap dapat memberikan request for proposal (RFP) kepada University of California Los Angeles (UCIA). Beberapa orang yang terlibat, di antara nya Vinton Cerf, Steve Crocker, Jon Postel, dan Robert Braden.

Gambar sejarah internet


Pada tahun 1964 dikeluarkan proposal RAND, yang intinya mengatakan bahwa jaringan yang akan dibentuk tidak terpusat pada suatu tempat dan tetap berfungsi sekalipun dalam keadaan hancur. Ide ini diilhami oleh teknologi yang memungkinkan dapat mengirimkan pesan dari tempat asal ke tujuan, dengan cara memecah-mecah pesan tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Yang disebut paket pada saat dikirimkan, dan kembali disusun seperti semula, saat diterima di tempat tujuan.  Teknologi ini dikenal sebagai packet switching network.

Pada tabun 1969, empat buah interface message processor (IMP) dikirmkan ke 4 perguruan tinggi, yakni UCLA, Standart Research Institute (SRI), University of California Santa Barbara (UCSB), dan University of Utah. Jaringan keempat tempat ini disebut sebagai ARPANET, yang disponsori oleh Defense of Advanced Research Project Agency (DARPA) milik Pentagon, Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Internet bukan merupakan sesuatu yang asing lagi bagi orang pada sekarang. Sekalipun demikian, banyak orang tidak atau belum memahami apa dan bagaimana sebenarnya yang dimaksud dengan internet. Internet merupakan sekumpulan jaringan yang berskala global. Tidak ada satu pun orang, kelompok, atau organisasi yang bertanggung jawab untuk men jalankan internet. Mekanisme kerja internet tidak didasarkan pada manusia, tetapi merupakan mekanisme kerja elektronik.

Masing-masing jaringan yang terhubung satu dengan lainnya, berkomunikasi menggunakan protokol-protokol tertentu, seperti Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (TP). Dari waktu ke waktu, jaringan-jaringan tersebar di berbagai belahan dunia saling terhubung dengan jaringan-jaringan yang sudah ada terlebih dahulu.

Jaringan pusat yang disebut VBNS (Very High Speed Backbone Network Services) berfungsi menghantarkan lalu lintas data internet ke seluruh Amerika dan penjuru dunia, yang saat ini dibiayai oleh Badan Ilmu Pengetahuan Nasional Amerika Serikat. Jaringan pusat inilah yang memungkinkan komputer-komputer yang terhubung dengan internet dapat berkomunikasi dan saling mengirimkan data.

Jaringan regional di seluruh penjuru dunia sudah terkondisi dengan internet sehingga antarkomputer dari rumah ke rumah, dari satu kantor ke kantor lain dapat berkomunikasi satu dengan lainnya.

Nah bagaimana sobat pembaca? Sudah tahu kan sejarah Internet, ternyata prosesnya tidak mudah ya sobat, melalui tahapan dan proses konflik juga ternyata.

Nah mungkin itu saja artikel pada kesempatan kita kali ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua tentunya. Terimakasih saya ucapkan kepada kalian yang sudah berkunjung pada artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4