Kegunaan Microsoft Power Point Beserta Kekurangan dan Kelebihannya


Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Pengertian Microsoft Excel Beserta Kekurangan dan Kelebihannya, langsung saja simak ulasan berikut ini :
Pada era globaliasi ini kita semakin di hadapkan dengan kemampuan teknologi yang semakin canggih. Terutama pada teknologi komputer, di dalam sebuah komputer yang berisi program yang dapat mempermudah pekerjaan kita. Salah satunya adalah program keluaran dari Microsoft ini, seperti Word, Excel dan Power Point. Dimana semua program ini dapat membantu kita dalam pekerjaan.
Dari semua produk keluaran Microsoft mempunyai versi dan kegunaan masing-masing. Tapi pada artikel ini kita akan membahas mengenai Power Point saja, karena pada artikel sebelum nya kita sudah membahas mengenai Word dan Excel.
Pengertian Microsoft Power Point

Cara belajar Microsoft Power Point, pengertian microsoft Power point, kegunaan microsoft power point, cara belajar power point bagi pemula, cara membuat slide show dokumen

Microsoft PowerPoint adalah software yang dipakai untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Menurut Susilana, PowerPoint merupakan program aplikasi presentasi dalam komputer. Dengan bantuan software tersebut, seseorang bisa membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah dimana presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran.
Dennis Austin dan Bob Gaskins adalah dua orang yang pertama kali mengembangkan program ini. Kala itu, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai presenter oleh perusahaan Forethought, Inc. dan kemudian namanya diubah menjadi PowerPoint. PowerPoint menjadi aplikasi Microsoft Office yang paling banyak digunakan selain Microsoft Word dan Excel.
Fungsi Microsoft Power Point
Setiap program atau aplikasi diciptakan mempunyai tujuan dan kegunaan, pada Microsoft Power Point ini juga mempunyai fungsi yaitu :
Memudahkan pengguna mengatur materi yang hendak disampaikan.
Membuat audience lebih gampang memahami materi presentasi karena hanya menampilkan poin-poin utama yang disuguhkan dalam bentuk slide.
Membuat penyajian materi lebih berkesan, apalagi jika pengguna menambahkan animasi-animasi di dalamnya. Sebab, pada kasus yang sering ditemui, audience kurang fokus dan bosan apabila materi nan ditampilkan monoton.

Kelebihan Microsoft Power Point

1. Memudahkan User Saat Melakukan Presentasi  
Pada Microsoft Power Point ini dihadirkan dengan program slide show. Sehingga kita mudah memaparkan presentasi, program ini memang sudah dihadirkan dengan paket lengkap. Kita hanya tinggal mengisi pada slide show tersebut dengan apa yang akan kita bahas pada presentasi kita.

2. Dilengkapi dengan Beragam Tools
Dalam aplikasi PowerPoint terdapat berbagai tools, seperti text art, image import, animation import, video import dan lain-lain yang akan membuat slide terlihat menarik. Tak hanya itu, keberadaan fitur-fitur tersebut juga berguna bagi yang ingin menyisipkan suara untuk menghasilkan slide yang lebih hidup dan membangkitkan emosi tertentu saat dipresentasikan.

3. Template atau Tema yang Bervariasi
Template atau tema yang terdapat pada Power Point juga salah satu keunggulan pada aplikasi ini. Karena dengan adanya tema ini, saat kita menampilkan slide show semakin bagus dan menarik.

4. Dapat di Export ke PDF
Ketika hendak mempresentasikan sesuatu, tentu Anda memberikan selebaran atau pegangan pada para audience supaya mereka memahami poin-poin yang sedang dibahas. Tapi, kadang beberapa dari mereka tidak menggunakan platform Microsoft, sehingga file yang telah didistribusikan tidak bisa dibuka.

5. Memiliki Fitur Kolaborasi
Ketika dikejar-kejar deadline, pasti Anda amat membutuhkan pertolongan untuk menyelesaikannya, bukan? Tidak perlu khawatir karena software PowerPoint mempunyai fitur kolaborasi yang memungkinkan seseorang bisa mengedit file presentasi secara bersamaan dari komputer berbeda. Sehingga, proses pengerjaan slide menjadi lebih cepat dan mudah.

Kekurangan Microsoft Power Point

1. Hanya Dapat Digunakan Pada Platform Microsoft Saja
Software ini hanya dapat diolah pada microsoft saja, tidak bisa di campurkan dengan platform lainnya. Microsoft belum mengeluarkan software untuk OS lain seperti Mac dan Linux. Sehingga, pekerjaan yang telah Anda rampungkan dengan PowerPoint tidak bisa diakses memakai platform selain Windows.

2. Tidak Stabilnya Dokumen Pada Setiap Versi
Pada power point juga memiliki kelemahan seperti ini, karena versi power point ada banyak. Contohnya, power point 2007 dan 2010. Pada versi 2007 kita membuat sebuah dokumen kemudian di copy pada 2010 dan hasilnya tidak akan sama pada 2007.

3. Harga yang Terlalu Mahal
Aplikasi ini tergolong cukup mahal, karena memberatkan kepada anak sekolah contohnya, tapi karena adanya keperluan untuk belajar dan menuntut ilmu tetap saja ini adalah suatu kebutuhan. Kemudian dengan ada pembaruan dan support jadi produk ini tetap digunaka pada kalangan masyarakat.

4. Termasuk Dalam Program Aplikasi yang Berat
Untuk bisa mengoperasikan PowerPoint, komputer harus mempunyai spesifikasi yang baik. PC jadul dengan spesifikasi perangkat keras yang rendah akan kesulitan dalam menjalankannya, bahkan mungkin mengalami hang atau crash.

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Microsoft Power Point, mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4