Mengenal Java Script


Mengenal Java Script

Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Java Script, langsung saja simak ulasan berikut ini :

Pengertian Java Script
Pengertian java script, cara menuliskan java script, belajar java script, progrma java script

JavaScript adalah bahasa script berdasar pada objek yang memperbolehkan pemakai untuk mengendalikan banyak aspek interaksi pemakai pada suatu dokumen HTML. Di mana objek tersebut dapat berupa suatu window, frame, URL, dokumen, form, button, atau item yang lain. Yang semuanya itu mempunyai properti yang saling berhubungan dengannya, dan masing-masing memiliki nama, lokasi, warna nilai, dan atribut lain.

Menjalankan JavaScript

Untuk dapat mempelajari pemrograman JavaScript, ada dua peranti yang diperlukan, yaitu browser dan teks editor. Teks editor adalah sebuah pengolah kata (word processor) yang menghasilkan file dalam format ASCII murni. Jika Anda pengguna Windows, Anda bisa menggunakan Notepad, Wordpad, atau Ultraedit Text Editor. Selain itu, browser web yang akan Anda gunakan harus mendukung JavaScript. Anda dapat menggunakan Internet Explorer, Opera, FireFox, dan lainnya.

Kode program JavaScript dapat dituliskan langsung pada file HTML menggunakan tag kontainer <SCRIPT>. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menuliskan program JavaScript pada file terpisah. Ingat bahwa yang dimaksud dengan tag kontainer adalah tag yang diawali dengan <NAMA TAG> dan diakhiri dengan </NAMA-TAG>.
Contoh:

HTML/HTML>
<BODY></BODY>
<HEAD></HEAD>

(tanpa tulisan miring)

Tag kontainer <SCRIPT> mempunyai dua atribut, tetapi yang harus Anda isikan hanya satu atribut, yaitu Language. Isilah atribut language dengan "JavaScript". Hal browser bahwa yang akan Anda tulis adalah JavaScript.

Contoh penulisan script:

<SCRIPT LANGUAGE "JavaScript"> //program Anda masukkan di sini
</script>
(tanpa tulisan miring)

Program Pertama Java Script
Objeck dokumen mempunyai dua metode untuk menuliskan teks, yaiut write dan writeln. Mungkin bagi Nada yang sudah terbiasa atau pernah berkenalan dengan Pascal, sudah mengerti perbedaan kedua statement ini, yaitu metode write digunakan untuk menulis teks tanpa ganti baris (carriage return. Sedangkan metode writeln digunakan untuk menulis teks dengan ganti baris.
Komentar
Seperti bahasa pemograman lainnya, Java Script juga menyediakan fasilitas untuk menuliskan komentar. Komentar ini berguna bila nantinya, Anda atau orang lain membaca suatu program.
Event
Event dan Handler merupakan hal yang sangat penting dalam pemogramana Java Script. Event adalah sesuatu yagn terjadi karena aksi user. Contohnya, jika user mengklik tombol mouse makan akan terjadi Event klik. Jika mouse printer bergerak melewati sebuah link, terjadilah event MouseOver. Ada banyak event yang terdapat dalam JavaScript.
Tentunya kita ingin program JavaScript kita bereaksi jika terjadi suatu event tertentu. Ini bisa dilakukan dengan bantuan event-handlers. Sebagai contoh, jika kita memiliki sebuah tombol yang akan mengeluarkan sebuah popup window jika ditekan. Ini berarti bahwa sebuah window popup harus meuncul sebuah reaksi dari event klik. Event-handler yang harus kita gunakan adalah onClick, yang memberitahukan apa yang harus dikerjakan oleh komputer jika event ini terjadi.

Nah itu saja mungkin sedikit artikel pada kesempatan kali ini, jadi itu tadi adalah ulasan sedikit mengenai Pengertian Java Script. Kemudian cara kita menuliskan Java Script ini adalah dengan menggunakan aplikasi Notepad++, Anda bisa mencarinya di internet, disitu banyak situs yang menyediakan aplikasi ini. Anda tinggal mendownload saja. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.

Terimakasih saya ucapkan kepada sobat yang sudah berkunjung pada artikel ini, semoga sobat semua bisa mendapat manfaat dan ilmu pengetahuan setelah membaca artikel ini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4