Jenis-Jenis Tinta Printer dan Fungsinya


Macam-macam Tinta Printer

Salah satu komponen paling penting pada printer adalah tinta printer, “kenapa begitu mas?” Jawabannya “karena jika printer tidak memiliki tinta maka kita tidak akan bisa mencetak dokumen ataupun mencetak sebuah foto”. Jadi, ada juga cara kita memilih tinta printer tersebut, biasanya setiap printer memiliki jenis tinta masing-masing, contonya printer canon, sudah pasti tinta nya juga harus cocok dengan Printer tersebut, nah apa saja macam-macam tinta printer tersebut? Langsung saja simak artike dibawah ini.

Pengertian tinta printer, jenis tinta printer, cara memperbaiki printer yang macem tintanya

Tinta printer Durabrite
Tinta printer Durabrite disebut juga dengan tinta printer Pigment. Tinta ini adalah jenis tinta berkualitas karena bisa mencetak dokumen dalam bentuk tulisan atau gambar dengan hasil yang sangat tajam. Tinta ini bersifat pekat dan tahan air karena dibuat dengan bahan air, Colorant Pigmentm, Diluent dan juga komponen lainnya yang membuat Durabrite menjadi tinta cetak yang berkualitas tinggi. Dengan menggunakan tinta Pigment ini maka hasil cetak yang Anda dapatkan tahan lama. Tinta ini bisa digunakan mencetak pada semua jenis kertas, namun gunakan tinta ini dalam waktu yang tepat. Jika Anda terlalu lama membiarkan tinta Pigment tidak terpakai maka head tinta cartridge bisa tersumbat oleh tinta ini.

Tinta printer Dye Base
Tinta printer Dye Base  merupakan tinta yang terbuat dari bahan air dan colourant. Tinta ini bisa mengendap pada head cartridge, namun dengan harga yang terjangkay dan hasil cetak yang bagus, banyak orang yang menggunakannya. Tinta Dye Base banyak digunakan untuk jenis printer standard dengan hasil cetak yang cukup bagus dan warna yang lebih cerah. Namun hasil cetak dari tinta ini kurang pekat dan tidak tahan air jika dicetak di kertas biasa (HVS). Tinta ini juga mudah luntur dan warnanya gampang pudar jika terpapar panas / cahaya matahari.

Tinta Printer Solvent
Solvent merupakan jenis tinta printer yang sangat baik kualitasnya karena bisa tahan air dan sinar matahari lebih lama dibandingkan dengan tinta lainnya. Tinta ini terbuat dari cat duco dan beberapa bahan berkualitas lainnya. Tinta Solvent sering digunakan untuk mencetak spanduk, banner, neonbox, billboard dan outdoor printing lainnya. Tinta ini memang sangat baik untuk outdoor printing karena tahan air dan sinar matahari tersebut. Tinta Solvent memiliki bau yang cukup menyengat dibandingkan dengan jenis tinta lainnya.

Tinta Eco Solvent
Jenis tinta Eco Solvent memiliki kualitas yang mirip dengan tinta Solvent, namun tinta Eco Solvent tidak begitu tahan terhadap sinar matahari sehingga hanya cocok digunakan untuk indoor printing. Tinta ini memiliki bau yang tidak terlalu menyengat dibandingkan dengan tinta Solvent.

Tinta Printer Sublimation Ink
Jika Anda sering membuat baju, kaos, atau keramik, passtinya Anda mengenal jenis tinta yang digunakan. Tinta Sublimation merupakan tinta printer yang sering digunakan untuk printer infus. Selain itu, tinta ini juga digunakan untuk mencetak baju atau kaos, keramik, bahan-bahan sablon, mud dan jenis lainnya. Tinta ini dibuat dari bahan diluent, pewarna, minyak dan bahan lainnya sehingga sangat tahan lama.

Tinta Pingment Art Paper Ink
Jenis tinta Pingment Art merupakan tinta yang digunakan untuk mencetak kertas at papet ivory yang memiliki gambar full colour. Tinta ini bisa digunakan untuk mencetak dalam skala besar maupun kecil. Tinta pigment ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper / ivory dengan menggunakan printer Epson desktop biasa seperti : Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290.

Nah itu tadi adalah macam-macam tinta printer, jadi tinta printer itu banyak macam jenisnya. Dalam setiap printer memilik tinta yang berbeda sesuai dengan penjelasan diatas, jadi jika kita membeli tinta printer kita harus menyebutkan merk printer kita agar penjual bisa mencarikan tinta yang cocok dengan printer yang kita pakai.

Mungkin sampai disini saja pembahasan kita kali ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua, terimakasih saya ucapkan kepada sobat yang sudah berkunjung pada artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4