Dasar-Dasar HTML dan Membuat Tampilan HTML Sederhana


Dasar-Dasar HTML
Selamat datang para pencari ilmu, senang sekali akhirnya saya bisa membuat artikel untuk kita semua, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Dasar-Dasar HTML dan Membuat Tampilan HTML Sederhana, langsung saja simak artikel beriku ini :

Pada bagian ini akan dibahas mengenai dasar-dasar HTML yang bermanfaat untuk membuat tampilan website secara sederhana. Fungsi utama HTMI, ialah memberi perintah pada browser untuk melakukan manipulasi tampilan melalui tag-tag yang ditulis dalam HTML. Dengan demikian, browser akan menghasilkan tampilan yang sesuai dengan perintah-perintah yang sudah dibuat atau ditetapkan terlebih dahulu. Untuk menuliskan suatu dokumen HTML dapat digunakan perangkat lunak sederhana ataupun yang khusus, yang dapat menghasilkan file Text ASCII, di antaranya :
  • Notepad
  • Dreamweaver
  • Ultraedit

Semua dokumen dalam buku ini ditulis menggunakan Notepad Text Editor. Sekalipun demikian, dokumen-dokumen HTML dapat ditulis menggunakan perangkat lunak lain. Untuk memperoleh perangkat lunak Notepad++ Editor, dapat dilakukan dengan men-download-nya melalui website http://notepad-plus-plus.org/ Selanjutnya dapat Anda instal software tersebut pada komputer Anda.

Setelah selesai menuliskan dokumen di atas, lakukan perintah SAVE AS nama file.html dan pada bagian perintah SAVE AS TYPES, pilih ALL FILES atau html.

Tampilan Dokumen HTML Sederhana

Suatu dokumen HTML yang paling sederhana, setidak-tidaknya mempunyai elemen-elemen seperti di bawah ini.

Gambar HTML




Setiap dokumen HTMIL terdiri atas <HTML></HTML> KHEAD></HEAD>, <TITLE></TITLES dan <BODY></BODY>.
Di antara perintah <TITLE dengan </TITLE> terdapat bagian judul untuk dokumen yang akan dibuat. Sebagai contoh Belajar html.
Antara <HTML> sampai dengan </HEAD> disebut sebagai bagian pertama.
Antara <BODY> sampai dengan </HTML> disebut bagian kedua/isi.
Untuk memperjelas masalah ini, berikut kita akan menampilkan contoh dokumen HTML.


Gambar HTML


Setelah selesai menuliskan dokumen di atas, lakukan perintah File Save atau Save As. Pada jendela Save As, File Name: diisi dengan nama file yang diinginkan, misalnya latihan1.html. Dan pada bagian perintah Save As Types, pilih All Files.

Untuk menampilkan hasil output dari program tersebut, dapat dilakukan dengan cara memilih menu Run dari jendela Notepad++.
Kemudian pilih browser yang tersedia pada komputer Anda, misalnya Chrome, IE (Internet Explorer), ataupun browser lainnya.

Catatan : Untuk selanjutnya, proses penyimpanan dokumen atau file-file latiha, dan bagaimana menampilkannya menggunakan browser, dapat dilakukan dengan cara sama seperti pada latihan1.html.

Nah itu tadi sudah cukup menjelaskan mengenai pembahasan kita kali ini, semoga sobat mengerti apa yang saya tuliskan diatas, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.
Terimakasih saya ucapkan kepada sobat yang sudah berkunjung pada artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4