Cara Mengetahui Windows 32 Bit atau 64 Bit


Cara Mengetahui Windows 32 Bit atau 64 Bit
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Cara mengetahui Windows 32 Bit atau 64 Bit, langsung saja simak ulasan berikut ini :
Berdasarkna jenisnya, system operasi windows tersedia dalam dua pilihan yaitu 32 Bit dan 64 Bit. Kalian perlu mengetahui hal ini, karena ini akan berguna ketika kalian ingin mengistall suatu aplikasi pada komputer kalian, misalnya kalian akan mendownload aplikasi dari internet. Selain versi windows, dalam situs disediakan dua buah pilihan download, yaitu untuk 32 Bit dan 64 Bit.

Baca juga : Pengertian Firewall Beserta Fungsinya
Tapi sebelum kita membahas bagaimana cara melihat windows 32 Bit atau 64 Bit, sebaiknya kita membahas terlebih dahulu perbedaan windows 32 Bit dan 64 Bit, lalu bagaimana kita mengetahuinya? Langsung sama simak ulasan berikut ini :
Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan 32 bit dan 64 bit, kegunaan 54 bit, kegunaan 32 bit, kelebihan 32 bit dan 64 bit,

1. Jumlah RAM yang digunakan
Perbedaan yang cukup mencolok diantara system 32 Bit dengan 64 Bit pada system operasi windows adalah maksimal RAM yang dapat digunakan. Hal ini tentunya banyak diketahui oleh pengguna komputer. Setiap system memiliki batasan yang berbeda-beda. Untuk system operasi berbasis 32 Bit memiliki batasan RAM yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan system 64 Bit. Windows 32 Bit hanya memilik batas penggunaan memori RAM kurang dari 4 GB (sekitar 3,2 GB) dan akan bekerja maksimal ketika menggunakan RAM lebih 1 atau 2 GB. Sedangkan untuk Windows 64 Bit sendiri dapat menggunakan RAM lebih dari 4 GB. Bila windows 32 Bit dipaksakan untuk dipasangkan RAM 4 Gb maka hanya 3 GB saja yang akan terbaca. Hal ini dikarenakan perbedaan arsitektur prosedur antar windows 32 Bit dengan 64 Bit.
2. Performa Sistem Windows
Perbedaan juga dapat kalian lihat pada performa prosesornya. Bila dibandingkan, tentu saja teknologi prosessor 64 Bit lebih canggih bila dibandingkan dengan teknologi 32 Bit. Windows 32 Bit dengan prosessor 32 bit juga memiliki kemampuan dibawah 64 bit. Sehingga kombinasi prosessor dan windows ini hanya mampu melakukan pekerjaan yang ringan saja. Selain itu, prosessor 32 bit tidak dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang berat. Sedangkan untuk windows 64 bit dengan prosessor 64 bit sangat tepat bila digunakan untuk mengerjakan pekerjaan berat seperti desain, video, editing dan lain-lainnya.
3. Kemampuan Meproses Data
Perbedaan lainnya adalah dalam hal performa komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 yang tertera sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat di proses dalam sekali putaran. Untuk windows 32 bit ketika sedang melakukan satu kali proses data yang dapat dimuat adalah sebesar 32 bit. Sedangkan untuk windows 64 bit akan memproses data sebesar 64 bit lebih cepar dan maksimal dalam satu kali putaran.

Baca Juga : Pengertian Recycle Bin
4. Segi Kompabilitas Software
Perbedaam yang mencolok lainnya cukup berpengaruh adalah kompabilitas software yang yang dapat digunakan pada system operasi windows. Untuk windows 32 bit, system ini tidak dapat menjalankan software 64 bit. Namun sebaliknya, windows 64 bit dengan leluasa untuk menjalankan software 32 bit.
Dari perbedaan-perbedaan yang telah disebutkan diatas makan kalian dapat melihat berbagai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki system windows 32 bit maupun 64 bit.
Kelebihan windows 32 bit :
1. Dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang terdahulu berbasis 16 bit seperti komputer versi lama.
2. Lebih kompatibel bila digunakan pada driver lama dan cocok digunakan pada komputer yang RAM nya kurang dari 4 Gb dan laptop ataupun notebook versi lama.
3. Lebih optimal bila digunakan untuk RAM dengan kapasitas 2 Gb
Kekurangan Windows 32 bit :
1. Tidak dapat menjalankan RAM yang kapasitasnya lebih dari 4 GB.
2. Tidak dapat menjalankan program-program yang berbasis 64 bit.
3. Tidak dapat menjalankan aplikasi dan game yang terlalu berat dan membutuhkan spesifikasi yang benar.
Kelebihan Windows 64 bit :
1. Lebih cepat dan maksimal dalam pengolahan data yang lebih efisien
2. Dapat bekerja optimal pada prosesor 64 bit.
3. Dapat juga menjalankan program-program 32 bit dan compatible.
4. Sangat direkomendasikan untuk digunakan membuka aplikasi yang berat serta program-program terbaru.

Kekurangan Windows 64 bit :
1. Sangat tidak direkomendasikan bila digunakan untuk PC lama.
2. Bagi kalian yang menggunakan system ini harus memiliki spesifikasi PC yang yang tinggi.
Nah itu tadi adalah kekurangan dan kelebihan windows 64 bit dan 32 bit, lalu bagaimana cara mengetahui bahwa system operasi kita termasuk 64 bit dan 32 bit? Simak ulasan berikut ini :

Cara cepat mengetahui Windows 32 bit atau 64 bit

1. Langkah pertama masuk saja ke windows explorer, cara cepatnya tekan tombol Win (jendela) pada keyboard  biasanya dekat tombol ALT. Kemudian, tekan secara bersamaan tombol E pada keyboard.

2. Setelah tampil windows explorer, klik kanan mouse pada ico Computer di deretan icon sebelah kiri.

3. Setelah muncul menu pop up, pilih menu Properties.

4. Sesaat kemudian akan muncul jendela system, jendela system ini tidak hanya menampilkan type windows 32 bit atau 64 bit, namun juga menampilkan informasi versi windows prosesor dan ram yang digunakan pada PC.

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Cara Mengetahui Windows 32 bit dan 64 bit, mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4