Cara Meredupkan atau Mencerahkan Layar Pada Laptop


Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop

Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara mengatur kecerahan layar pada Laptop. Langsung saja simak artikel berikut ini.

Terkadang jika kita menggunakan laptop pada malam hari dengan keadaan layar yang begitu terang tentunya mata kita akan sakit, hal ini bisa saja mengakibatkan konsentrasi dan focus kita akan terganggu. Jadi kita disarankan untuk mengatur kecerahan layar saat kita menggunakannya pada malam hari.

Cara mengatur cahaya laptop atau brightness pada windows 7, 8 atau 10 sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu menekan kombinasi tombol atau mencari pengaturannya secara manual di control panel. Namun, mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui cara mengaturnya.

Cara mengatur kecerahan layar dengan menggunakan tombol keyboard

Kecerahan layar laptop, gambar layar laptop, cahaya layar laptop, cara mengatur laya laptop


Perlu kamu perhatikan, setiap model laptop dan sistem operasi tentu memiliki sedikit perbedaan dalam pengaturannya. Pada laptop saat ini, banyak yang sudah mendukung pengunaan kombinasi tombol. Kamu bisa dengan mudah mengatur kecerahan layar dengan cara ini. Carilah tombol yang memiliki icon seperti matahari (brightness/kecerahan) dan tombol Fn.

Untuk tombol Fn sendiri biasanya terletak di bagian kiri bawah keyboard sedangkan tombol cahaya berada pada tombol arah kiri-kanan-atas-bawah, cara meredupkan bisa menekan  Fn + Bottom Arrow dan menerangkan layar dengan menekan tombol Fn + Top Arrow.

Dalam setiap laptop fungsi tombol ini berbeda-beda, jadi kalian harus bisa menyesuaikannya.

Cara mengatur kecerahan layar atau brightness pada Windows 7

Cara mengatur cahaya layar pada windows 7 ini sangat mudah, langsung saja ikuti langkah berikut ini :

1. Klik menu Start lalu ketikkan “adjust screen brightness” pada kolom pencarian. Jika sudah muncul, langsung klik saja.

2. Akan tampil jendela baru, setelah itu geser ke kiri atau ke kanan slider pada settingan screen brightness.

3. Kalian bisa menyesuaikan kecerahan layar sesuai yang kalian inginkan.

Cara mengatur cahaya layar laptop pada Windows 8 dan 8.1

Cara ini hampir sama dengan Windows 7, mungkin cara ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengatur kecerahan pada layar laptop.

1. Tekan Windows key + C pada keyboard laptop secara bersamaan untuk membuka Charms Bar.

2. Setelah itu, klik setting > pilih tombol brightness.

3. Tarik slider ke atas dan ke bawah untuk mengatur tingkat kecerahan pada layar laptopmu. Kamu bisa menggunakan mouse secara langsung atau dengan tombol arah panah.

Sebenarnya, pada Windows 10 ada beberapa cara untuk mengatur kecerahan layar. Metode ini bisa menggunakan taskbar icon baterai, mobility center dan menggunakan control panel. Mari kita bahas satu per satu.

Menggunakan Taskbar Icon Baterai

Kalau driver OS Windows-nya sudah terpasang semua, seharusnya sudah ada icon baterai pada taskbar. Jika belum, maka ada yang salah pada OS Windows 10 kamu. Nah, bagi yang sudah ada coba ikuti langkah simpel berikut.

1. Klik icon baterai pada taskbar.

2. Pada jendela yang muncul, klik saja logo yang ada simbol cahaya. Fungsi dari icon itu untuk memudahkan pengguna dalam mengatur kecerahan layar. Jadi, setiap kamu klik bagian itu, insensitas cahaya pada layar akan bertambah dan berkurang dengan kisaran 25%.

Mengatur Cahaya Layar dengan Windows Mobility Center

1. Biar lebih cepat, bukalah Mobility Center dengan menekan Windows Key + Xsecara bersamaan.

2. Setelah itu akan muncul beberapa opsi, klik mobility center atau tekan tombol B pada keyboard.

3. Pada jendela yang muncul, aturlah kecerahan layar pada bagian display brightness. Jika sudah selesai, kamu bisa close jendela tersebut.

Setting Cahaya Laptop dengan Control Panel

1. Buka control panel.
2. Pilih Appearance and Personalization > Display Adjust brightness.

3. Setelah itu, geser ke kiri atau ke kanan untuk mengatur pencahayaan.

Cara Mengatur Cahaya Layar Laptop pada MacOS X
Tutorial kali ini bukan hanya membahas sistem operasi Windows saja, MacOS pun akan sedikit saya singgung. Ini dia beberapa cara mengatur cahaya laptop pada MacOS X.

  • Dari menu Apple, pilih System Preferences.
  • Setelah jendela terbuka, klik Displays.
  • Seperti biasa, gunakan slider untuk mengatur kecerahan layar laptop. Apabila kamu ingin mengatur secara otomatis sesuai insensitas cahaya di sekitar, kamu bisa ceklist kotak yang menunjukkan keterangan “automatically adjust brightness

Setelah mengatur tingkat kecerahan dengan cara-cara di atas, sudah seharusnya layar laptop kalian berubah secara otomatis.

Nah itu tadi sedikit cara singkat untuk mengatur kecerahan layar pada laptop dari berbagai versi Windows, bahkan versi OS lain. Kegunaan mengatur cahaya layar sangat banyak sekali, ya contohnya saja mata kita tidak mudah sakit, kepala kita tidak terlalu pusing karena terlalu lama di depan layar laptop dengan kecerahan layar yang sangat tinggi.

Mungkin itu saja artikel kita pada kesempatan ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4