Cara Membuat Tag Table, Elemen, dan Atribut Pada HTML


Cara Membuat Tag Table, Elemen, dan Atribut Pada HTML

Selamat datang para pembaca yang haus akan ilmu pengetahua, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat Tag Table, Elemen, dan Atribut Pada HTML.

Bagi Anda yang masih menjalani kuliah, apalagi di jurusan TI (Teknik Informatika), pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya HTML (Hipertext Markup Languange). Tapi membuat HTML ini tidak mudah, perlu belajar dengan tekun dan serius, jadi langsung saja Anda lihat penjelasan berikut ini :

Gambar Tabel HTML


Ketika Anda ingin menampilkan data dalam bentuk kolom dan baris maka diperlukan table. Sebelum adanya CSS, table digunakan untuk membuat layout website. Namun saat ini sudah jarang dipakai sebagai layout karena faktor file yang cenderung lebih besar sehingga mempengaruhi waktu akses yang lebih lama. Dalam pengelolaan dan pengeditan pun jauh lebih rumit karena banyaknya tag-tag yang dihasilkan.

Untuk membuat table yang sederhana, ada 3 elemen utama, yaitu Table, TR, dan TD. Tag <table> untuk membuat tabel, kemudian diikuti dengan tag <tro (table rows) untuk membuat baris pada tabel, lalu tag <td> (table data) untuk membuat kolom pada tabel. Kolom-kolom hasil dari tr dan td ini, disebut dengan table cell, yaitu sebagai lokasi di mana kita memasukkan data-data yang akan ditampilkan.

Table dalam dokumen HTML digunakan pula untuk mengontrol tampilan informasi yang ada dalam sebuah halaman web, dan table juga dapat digunakan untuk menampilkan record-record pada database.

Table Border

Salah satu atribut dalam tabel ialah border yang digunakan untuk menentukan ketebalan garis batas luar table. Nilai border dimulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya. Semakin nilainya besar, maka garis batas luar semakin tebal.

Cellspacing
Atribut berikutnya ialah cellspacing yang digunakan untuk menentukan jumlah spasi antarsel dan border. Nilai cellspacing dimulai dari 1, 2, 3 dan seterusnya. Semakin nilainya besar, maka ruangan sel makin lebar.

Cellpadding
Atribut berikutnya ialah cellpadding menentukan jumlah spasi antara data dalam cell dan border cell. Dalam tag table, ada tiga tag yang mendefinisikan header, row, dan cells. Tag-tag tersebut adalah table header <TH>, table row <TR, dan table data <TD>.

Width
Atribut selanjutnya widilh yang digunakan untuk menentulcan kelebaran table di layar monitor. Ukuran lebar ditentukan dengan pixel.

Align
Atribut selanjutnya align yang digunakan untuk mengatur tampilan teks di posisi kiri (left), tengah (center), atau kanan (right).  

Table Row
Elemen dalam tag table berupa table row, berfungsi untuk menandai awal tiap baris pada tabel. Tabel row mempunyai atribut-atribut, di antaranya align, valign, bgcolor, bgcolordark.

Table Header
Elemen table header berfungsi sama seperti elemen table data <TD>, tetapi elemen table header ditampilkan dalam suatu font cetak tebal dan ditampilkan di tengah cell.

Nah itu tadi adalah penjelasan nya, jadi sampai disini Anda sudah bisa memahami apa yang saya jelaskan? Semoga saja Anda paham, mungkin sampai disini saja artikel kita kali ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentunya.
Terimakasih saya ucapkan kepada sobat yang sudah berkunjung pada artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4