Cara Membuat Frame Pada HTML


1. Membuat Frame (Bingkai)

HITML mempunyai elemen yang berguna untuk menampilkan beberapa halaman sekaligus pada layar komputer. Untuk keperluan tersebut, kita dapat menggunakan frame. Fungsi frame di antaranya untuk menampilkan halaman lain tanpa menghilangkan halaman menu utama yang masih tetap dapat ditampilkan di layar browser. Atribut-atributnya adalah:

Gambar Frame HTML


a. <FRAMESET></FRAMESET>

Elemen FRAMESET merupakan elemen kelompok pengisi suatu frame. Pada perintah ini terdapat dua atribut, yaitu ROWS dan COLS. Tag ROWS berfungsi untuk menentukan jumlah spasi yang diberikan pada tiap baris. Jumlah tersebut dapat ditentukan dalam pixel, persen dengan menempatkan suatu % setelah nilai, atau nilai relatif dengan menempatkan tanda asterisk (*) di tempat nilai tersebut. Sedangkan tag COLS sebaliknya, berfungsi untuk menentukan jumlah spasi pada kolom.
FRAME Elemen FRAME menentukan properti setiap frame masing-masing dalam frameset. Karena elemen ini tidak mengandung teks, maka elemen tersebut tidak ada pasangan end-tag. Atribut FRAME sebagai berikut:

Atribut SRC menunjuk spesifik ke arah sumber URL untuk frame tersebut. Atribut NAME digunakan untuk menentukan nama frame, sehingga dapat berlaku sebagai target dari URLs lain. Atribut marginwidth untuk memungkinkan perancang halaman menentukan lebar border frame dalam jumlah pixel.

Atribut marginheight digunakan untuk menentukan tinggi Margin Srolling berfungsi untuk membuat scrolling bar. Setting untuk atribut ini ialah YES, NO, dan AUTO. Atribut noresize digunakan untuk mencegah pengguna mengubah ukuran frame, karena aturan baku (default) memungkinkan kita dapat mengubah ukuran frame.

Atribut NOFRAMES akan mengabaikan data, yang oleh browser akan ditampilkan melalui frame. Dan data tersebut dapat ditampilkan oleh browser yang tidak mampu menampilkan frame.

b. FRAMESET ROWS

Program berikut adalah contoh bagaimana membuat halaman denga pembagian baris (Rows). Contoh Frame.html untuk membagi layar atas dan bawah.

<frameset cols=50%,*>
<frame rows = 50%, *>
<frame src-"satu.html">
<frame src= " dua . html " >
</frameset>

Simpanlah file di atas dengan nama frame.html.

c. FRAMESET COLS

Program berikut adalah contoh bagaimana membuat halaman dengan pembagian kolom (Cols).
Contoh frame2.html

<frameset cols-50%,">
<frame src="satu.html">
<frame src.="dua.html">
</frameset>

d. FRAMESET ROWS dan COLS

Program berikut ini adalah contoh bagaimana membuat halaman dengan pembagian baris (Rows) dan kolom (Cols).

Contoh frame3.html.

<frame set rows=30%,*>
<frame src=”satu.html”.
<frame set cols=30%,*>
            <frame src”dua.html”>
            <frame src”tiga.html”>
<frameset>
<frameset>

Simpanlah file di atas dengan nama frame3.html

e. Membuka Dua Situs Dalam Frame

Program berikut merupakan program yang dipergunakan untuk membuka situs yang mempunyai URL berbeda dalam dua frame.

<frameset cols=”50%,50%”>
            <frameset src=http://detik.com>
            <frameset src=http://vivanews.com>
<frameset>

Simpanlah file diatas dengan nama frame4.html

Frame sebelah kiri digunakan untuk menampilkan haƂaman websitetp://detik.com, sedangkan frame sebelah kanan digunakan untuk menampilkan halaman website http://vivanews.com.

Mungkin itu saja pembahasan kita pada kesempatan ini, memang sulit untuk membuat frame berbasis html ini, tapi jika sobat semua bisa memahami dengan seksama mudah-mudahan tidak terlalu sulit.
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel