Cara kerja World Wide Web (WWW)


Cara kerja World Wide Web (WWW)

Selamat datang para pembaca, senang sekali bisa terus membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, saya membuat artikel ini karena saya suka berbagi pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Bagaimana Cara World Wide Web (WWW). Mungkin sebagian dari sobat hanya tahu www saja, tapi tidak tahu apa arti dan fungsi nya, jadi disini saya akan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut, langsung saja simak penjelasan berikut ini :

gambar www

Salah satu elemen paling menarik dalam internet ialah adanya World Wide Web  (WWW) yang merupakan teknologi canggih saat ini dalam dunia internet.
www merupakan jaringan yang menghubungkan jaringan-jaringan lokal ke dalam suatu jaringan gobal, di mana satu komputer di negara tertentu, dapat secara langsung berkomunikasi dengan komputer lain di negara lain. www atau sering disingkat Web, berisi halaman-halaman yang dapat menampilkan teks, gambar, grafik, suara, animasi, serta edemen-elemen multimedia lainnya, dan elemen-elemen yang ditampilkan bersifat interaktif.

Bagaimana kita dapat menampilkan halaman-halaman wWW di layar monitor komputer kita? WWW bekerja didasarkan pada model klien dan server. Pada komputer kita yang berfungsi sebagai klien, kita memerlukan browser, misalnya Internet Explorer. Browser kemudian menghubungkan server dengan menyampaikan permintaan informasi atau data yang ada di server tersebut. Server, setelah memahami permintaan tersebut, kemudian mengirimkan informasi yang diminta ke browser yang akhirnya menampilkan informasi yang kita minta ke layar monitor komputer kita.

Halaman-halaman di www disusun menggunakan bahasa yang disebut HTML (HyperText Markup Language). Bahasa ini mampu memberikan perintah pada browser untuk menampilkan teks, gambar, grafik, suara, dan elemen web lainnya. Halaman-halaman Web dihubungkan satu dengan lainnya menggunakan apa yang disebut dengan Hypertext.

Dengan hypertext, kita dapat berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lain, baik secara berurutan ataupun secara acak. Hal ini dimungkinkan karena hypertext dapat menghubungkan bagian-bagian dalam satu alamat tertentu, ataupun ke bagian-bagian halaman web di alamat lainnya. Pola yang digunakan ialah model diagram pohon, struktur linear, dan struktur acak. Model pertama berguna bagi kita dalam melakukan navigasi ke seluruh bagian situs tertentu. Model kedua memungkinkan kita pindah dari satu halaman ke halaman lain secara berurutan. Dan model kietiga, kita dapat berpindah dari satu halaman ke halam lainnya secara acak.

Jadi bagaimana sobat? Sudah paham kan cara kerja World Wide Web, jika sobat semua membaca dengan jelas dan seksama pasti sudah paham mengenai hal tersebut dan inti dari kerja World Wide Web tersebut, jika tidak ada www mungkin internet di dunia ini tidak akan secanggih dan sehebat yang seperti kita rasakan saat sekarang ini.

Mungkin sampai disini saja pembahasan kita, semoga artikel ini dapat menambah wawasan san dan ilmu pengetahuan kita semua ya, terimakasih saya ucapkan kepada sobat yang sudah berkunjung pada artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel