Cara Kerja Koneksi suatu Web ke Internet dan File Apa Saja yang Ada di Internet


Cara Kerja Koneksi suatu Web ke Internet

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga hari-hari sobat dipenuhi dengan keberkahan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara kerja koneksi suatu web ke internet, dan file apa saja yang ada di internet, langsung saja simak artikel berikut ini.

Gambar Logo Web

Bagaimanakah cara kerja suatu web sehingga web tersebut dapat terkoneksi dengan internet? Koneksi suatu website memerlukan empat komponen dasar, yaitu komputer yang berfungsi sebagai klien provider penyedia layanan akses internet,server, dan jaringan komunikasi yang menghubungkan ketiga komponen tersebut.

Jika seseorang ingin meng-akses internet dari rumah menggunakan komputer pribadi, maka komputer tersebut merupakan titik awal koneksi, yang kemudian harus dihubungkan dengan modem dan telepon. Melalui browser, perintah diteruskan untuk dapat terhubung dengan komputer tertentu sehingga kita dapat memanggil halaman atau dokumen tertentu melalui komputer kita.

Pada saat kita sudah terhubung dengan internet, dan kita bermaksud untuk membuka suatu halaman website tertentu, maka kita perlu menuliskan alamat domain web tersebut. Misal https://andriantokomputer.blogspot.com. Dengan kecepatan yang tinggi, permintaan tersebut dikirimkan ke web halaman website tersebut kemudian dapat dibaca melalui komputer kita.

Jenis File yang Ada di Internet

Jika kita melakukan surfing di internet, maka kita akan menemukan jutaan file yang berisi bermacam-macam informasi atau data yang berasal dari server-server yang tersebar di penjuru dunia. Sekalipun demikian, secara garis besar hanya ada dua jenis file yang ada di internet, yaitu file ASCII (American Standard Code for International Interchange) dan file Biner. Apa yang dimaksud dengan file ASCII ialah file teks sederhana yang berisi kode-kode ASCIL, yaitu kode-kode komputer yang memunculkan karakter-karakter di layar monitor. Sebenarnya file-file ASCII tidak ada apa-apa, ia hanya berupa data-data karakter sederhana.

Lain halnya dengan file-file biner. File-file tersebut berisi data yang diberi kode secara spesial, dan yang hanya dapat dilihat atau dijalankan menggunakan perangkat lunak atau komputer tertentu. Kita sering mendengar adanya file-file HTML. Pada dasarnya file HTML terdiri atas file teks ASCII yang berfungsi memerintahkan browser untuk memunculkan halaman- halaman website tertentu.
Jenis file lain yang sering kita dengar ialah file-file grafik yang menggunakan format PDF. Sebagian besar file PDF berupa file biner, dan sebagian kecil lainnya berupa file ASCII.

Mungkin sampai disini sobat sudah memahami artikel diatas, jika sobat semua sudah membaca dengan seksama pasti sobat akan memahaminya, saya berharap sobat semua paham tentang artikel diatas.

Mungkin sampai disini saja pembahasan kita, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Terimakasih saya ucapkan kepada sobat yang sudah berkunjung pada artikel ini.
loading...
loading...
loading...