Cara Kerja Email Beserta Kelebihannya

Cara Kerja Email Beserta Kelebihannya

Email merupakan singkatan dari electronic mail, yang pada dasarnya sama dengan data yang dikirimkan melalui media internet. Mayoritas lalu lintas data di internet saat ini dipenuhi oleh email dari suatu komputer ke komputer lainnya.

Bagaimana email dikirimkan melalui internet, sama dengan cara data dikirimkan dari suatu komputer ke komputer lainnya. Email yang dikirim akan dipecah-pecah oleh TCP (Transmission Control Protocol) menjadi paket-paket kecil. Kemudian IP Protocol mengirimkan ke lokasi yang dituju. Dan pada saat paket-paket tersebut sampai di tujuan, oleh TCP disusun kembali seperti semula.

Gambar Email


Sesungguhnya perjalanan email dari komputer ke komputer lain sangat rumit dan menempuh rute yang panjang. Sebagai contoh, seseorang berada di Bandung dengan email milik yahoo, maka secara fisik sebenarnya emailnya berada di server Yahoo terdekat dengan wilayah Indonesia, misalnya Singapura atau Melbourne-Australia.

Jika email tersebut dikirim ke alamat email orang lain dengan alamat, misalnya cahbagoesa@yahoo.com, maka email tersebut berjalan dari komputer pengirim di Bandung menuju ke Singapura atau Melbourne, kemudian kembali lagi ke Indonesia menuju lokasi server milik yahoo, misalnya di Bandung atau Jakarta.

Dengan semakin majunya teknologi tnternet dan berkembangnya bahasa pemrograman pendukungnya, maka saat ini pengiriman email dapat disísipi dengan gambar, suara, video, ataupun file-file program aplikasi dalam bentuk file-file biner.

Kelebihan Email

Menawarkan Kecepatan Berkirim Surat

Dibandingkan dengan mengirimkan surat dengan fisik melalui pelantara pos untuk kemudian diantarkan ketujuan, anda mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama bukan? Bahkan berhari-hari agar surat tersebut sampai ke tujuan. Lain halnya jika anda menggunakan fasilitas Email maka anda dapat mengirim surat dalam hitungan menit bahkan detik untuk surat tersebut sampai ke tujuan walaupun alamat tujuan berada di kota lain bahkan luar negeri.


Penerima juga bisa langsung membuka pesan anda asalkan terhubung dengan jaringan internet pula. Dengan jaringan internet inilah semua akan terasa lebih cepat termasuk dalam hal berkirim surat.

Cukup Murah
Berbeda dengan mengirimkan surat di kantor pos yang akan meminta anda untuk membayar biaya pengiriminan yang tergantung dengan jauhnya lokasi dan lama kecepatan pengiriman maka dengan menggunakan email, anda tidak perlu mengeluarkan biaya pengiriman. Anda cukup memiliki akses internet dan media untuk mengirimkan email seperti komputer. Untuk pengiriman email pun, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Terdapat ruang penyimpanan di Email yang cukup besar yakni hingga 15 GB. Tentunya hal ini, akan menambahkan nilai kelebihan tersendiri terutama anda yang mengandalkan aktivitas dengan email.
Menawarkan Cara yang Praktis
Saat ini, email telah digunakan untuk bertukar dokumen untuk segala jenis kebutuhan. Bahkan saat ini, banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan email dalam merekrut karyawan baru. Dibandingkan anda mengirim lamaran melalui kantor pos aka anda harus rela mengantri panjang dan bahkan anda pun harus memilih juga jenis kecepatan pengiriman dan mengeluarkan uang. Email pun tidak akan meminta anda untuk datang ke kantor pas hanya untuk mengirimkan lamaran, anda bisa berada dirumah, bermodalkan PC dan jaringan internet, surat anda bisa langsung diterima oleh perusahaan tersebut. File yang telah dikirim tadi pun akan disimpan, sehingga jika anda membutuhkan di lain hari, anda cukup membuka file tersebut.

Data yang Tersimpan Aman

Tentunya, hal ini hampir diinginkan oleh semua orang bukan? Anda ingin data-data anda tersimpan dengan aman? Email dapat menjamin hal itu karena email sendiri memiliki keamanan dimana orang lain tidak bisa mengakses email anda tanpa mengetahui kata sandi yang telah disetel. Proses pengiriman data memanfaatkan teknologi terkini yang akan mengenkripsi dan hanya bisa dibaca oleh pihak pengirim dan penerima sehingga risiko pencurian data jauh lebih kecil dibandingkan dengan surat fisik.

Rapi

Seluruh email yang telah anda kirimkan atau terima akan disimpan dengan aman. Anda akan dengan mudah menemukan email yang anda inginkan karena anda sendiri bisa mencari email berdasarkan pengirim, tanggal masuk dan lainnya. Bahkan email yang telah anda terima bertahun-tahun silam masih ada dan bisa dicari dengan menggunakan kata didalam emailnya.
Berbeda jika anda mengirimkan email melalui kantor pos maka kemungkinan besar surat tersebut sudah hilang ataupun telah dibuang oleh pihak pos karena sudah tidak dianggap penting.

Nah itu tadi adalah pengertian mengenai cara kerja Email dan kelebihannya, saya rasa sobat cukup paham mengenai hal ini karena sudah membaca artikel ini dengan seksama.
Mungkin sampi disini saja pembahasan kita, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4