Penyebab Terjadinya Blue Screen Pada Komputer dan Cara Mengatasinya


Selamat datang di Belajar Komputer, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan solusi untuk kalian semua yang suka panik, hehe.
Maksudnya yang suka panik karena komputer ataupun laptop kalian mengalami Blue Screen, apa itu Blue Screen?

Penyebab Terjadinya Blue Screen Pada Komputer dan Cara Mengatasinya

Ketika kalian sedang mengetik atau mengerjakan tugas lain yang sangat penting dan Blue Screen terjadi maka kalian akan kehilangan data yang ada pada laptop atau PC kalian. Kalian tidak sempat menyimpan data karena Blue Screen tiba-tiba terjadi pada laptop /PC kalian dan membuat nya me-restart otomatis.

Ketika Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat Minidump yang menampilkan informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpannya di dalam hardisk kalian. Dengan menggunakan minidump kalian dapat memperbaiki terjadinya Blue Screen.

Bagaimana Cara Mengatasi Komputer Restar Tiba-tiba Saat BSOD?

Secara default, Windows akan melakukan restart setiap komputer yang terkena Blue Screen. Jika Komputer mati tanpa alasan yang jelas mungkin itu Blue Screen. Ini benar-benar hal yang sangat menyebalkan, apalagi ketika kalian sedang mengerjakan tugas penting. Namun ada caranya untuk mengatasi komputer yang tiba-tiba restart ketika  Blue Screen. Caranya mudah sekali, kalian cukup membuka System Security > System dan klik Change settings dibagian computer name, domain dan workgrup settings. Setelah itu pilih Tab Advanced > Settings pada Startup dan Recovery. Kemudian hilangkan centang pada Automatically restart.

Bagaiaman Cara Melihat Penyebab BSOD?

Untuk dapat melihat penyebab Blue Screen yang terjadi pada komputer kalian, ada dua cara. Pertama kalian bisa menggunakan software gratis dari NirSoft’s yaitu BlueScreeView dan menggunakan Windows Event Viewer. Kedua cara ini akan melakukan pencarian file minidump yang dibuat Windows ketika Blue Screen selain itu juga akan menampilkan crash yang terjadi pada Windows.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Pada Windows 7 atau Windows versi terbaru, informasi Blue Screen ditampilak di Action center. Jika Kalian pengguna Windows 7 atau Windows versi terbaru, kalian dapat membukanya dan mengklik Check for Solutions pada maintenance. Ini akan membuat Windows memeriksa penyebab Blue Screen dan berbahagai error lainnya yang terjadi pada komputer kalian. Dengan begini kalian dapat mengatasi Blue Screen.


Berbagai Macam Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Cara diatas adalah salah satu cara mengatasi Blue Screen yang terjadi pada Windows 7, berikut ini ada beberapa cara lain untuk mengatasi Blue Screen.

System Restore
Jika Blue Screen baru saja terjadi maka kalian sebaiknhya menggunakan system restore untuk mengatasinya. Ini kana membuat komputer kalian kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkina Blue Screen terjadi karena kesalahan software.

Scan Malware
Malware yang menembus jauh kedalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware.

Install Update Driver
Sebuah driver yang salah install atau tidak diupdate dapat menyebabkan crash. Download driver terbaru dari perusahaan hardware komputer kalian, mungkin ini akan memperbaiki masalah BSOD.

Boot ke Safe Mode
Jika komputer kalian mengalami BSOD ketika dinyalakan, kalian bisa masuk ke Safre Mode. Pada Safe Mode, Windows hanya mengambil driver-driver yang penting. Jika kalian salah menginstall driver yang menyebabkan BSOD, dengan Safe Mode kalian dapat menguninstallnya.

Periksa  Masalah Hardware
Blue Screen terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari komputer. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin komputer kalian terlalu panas dan kekurangan fan.

Install Ulang Windows
Ini adalah pilihan terakhir yang bisa kalian adalah menginstall ulang komputer kalian. Dengan cara ini, sistem akan terbangun dari awal dan tidak akan ada kerusakan. Jika kalian tetap mengalami Blue Screen berarti permasalahannya ada di hardware.

Mungkin itu saja artikel mengenai Blue Screen dan cara mengatasinya, semoga artikel yang saya bagikan ini dapat membantu kalian yang mempunyai permasalahan Blue Screen pada komputer /PC kalian.
Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4