Penyebab Rusaknya Hardisk Komputer


Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, nah pada kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai penyebab rusaknya sebuah Hardisk pada Laptop maupun Komputer.
Agar kaliam tahu Hardisk pun bisa mengalami kerusakan loh, biasanya di sebabkan karena penggunaan yang terlalu berlebihan dan sebagainya. Langsung saja simak artikel dibawah ini.

Tidak selamanya Hardsik bekerja dengan baik, kadang kala kerja Hardisk sangat lemot, tidak terbaca, lambat menyimpan, control fail, tidak bisa booting dan berbagai masalah lainnya.
Tetapi jangan khawatir, kalian bisa mencegah atau mengantisipasi agar Hardisk kalian tidak mudah rusak.

Keberadaan komputer maupun laptop tak akan berarti apabila tidak terdapat perangkat yang bernama Hardisk. Hal ini dikarenakan peranan vital Hardsik yang menjadi pusat penyimpanan data dan informasi untuk sebuah perangkat berbasis komputer atau Laptop.

Sudah menjadi kewajiban kita untuk merawat Hardisk sebaik mungkin, jika terawat biasanya akan berimbas pada komputer maupun laptop menjadi lamban.
Kita juga dapat mengantisipasi rusaknya Hardisk, sebaiknya kita harus mengenali terlebih dahulu penyebab-penyebab kerusakan yang terjadi agar kita dapat memperpanjang umur Hardisk.

Cara memperbaiki hardisk yang rusak

Penyebab Hardisk Rusak

1. Panas Berlebih (Over Heat)

Semua perangkat elektronik tentunya menggunakan tegangan listrik sebagai sumber tenaga untuk dapat beroperasi, tenaga listrik tersebut dialirkan pada komponen loga yang terdapat pada perangkat elektronik tersebut. Hal itu terbilang sangat efektif, namum efek samping yang akan dialami oleh logam tersebut adalah perubahan energi listrik ke energi panas (kalor).

Panas pada perangkat elektronik dapat menyebabkan penurunan kinerja, bahkan dapat merusak komponen didalamnya, oleh karena itu beberapa perangkat elektronik seperti proyektor dan PC desktop menggunakan kipas (cooling pad) untuk membantu menstabilkan suhu didalamnya.

2. Penggunaan yang Berlebihan.

Komputer maupun laptop yang digunakan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama, akan berimbas pada komponen yang terdapat didalamnya menjadi cepat rusak. Termasuk Hardisk, setiap perangkat elektronik setidaknya membutuhkan istirahat untuk mendinginkan suhu.

3. Terjatuh atau Terbentur
Seperti namanya, Hardisk merupakan perangkat yang komponen utamanya berbentuk disk (cakram). Posisi cakram tersebut sangat sensitif, jika terjatuh atau terbentur maka kemungkinan besar kan terjadi kerusakan pada cakram didalamnya dan akhirnya Hardisk menjadi rusak, oleh karena itu Hardisk hendaknya ditangi dengan sangat hati-hati.

4. Usia Hardisk

Setiap benda pasti memiliki masa using, tidak terkecuali Hardsik, saat komputer dirasa sering mengalami hang, lemot atau lag, dan re-install sistem operasi tidak dapat menyelesaikan masalah, maka pertimbangkan untuk mengganti Hardisk baru.

5. Pasokan Listrik yang Tidak Stabil

Pasokan listrik yang tidak stabil akan mempengaruhi kemampuan putaran hardisk, karena cakram di dalam Hardsik berputar dengan kecepatan yang tidak stabil. Pada beberapa kasus, bad sector terjadi dikarenakan tidak stabilnya pasokan listrik.

6. Komputer Sering Mati Seketika

Saat komputer maupun laptop hang (not responding), pengguna biasanya akan mematikan perangkat dengan cara menekan tombol power dan menahannya agak lama hingga laptop mati, sehingga bisa dikatakan Force shutdown.

Saat komputer maupun laptop mati seketika, cakram didalam Hardisk yang tadinya berputar dengan sangat cepat hingga 10.000 putaran per menit, tiba-tiba berhneti dan tentu saja jika hal tersebut terjadi hingga berkali-kali akan berpotensi merusak Hardisk.

7. Installasi yang Berlebihan

Installasi yang dimaksud adalah instalasi perangkat lunak atau system operasi, saat proses penginstallan dilakukan, Hardisk akan bekerja sangat keras.

Terlebih lagi, jika komputer maupun laptop digunakan untuk menjalankan perangkat lunak yang membutuhkan sumber daya yang besar, kemungkinan besar Hardisk akan cepat panas dan berpontensi mengalami kerusakan.

Nah artikel diatas sudah cukup menjelaskan penyebab rusaknya Hardisk, jadi buat kalian yang tidak ingin Hardisknya rusak lakukan lah cara diatas untuk menghindari kerusakan Hardisk.

Mungkin pembahasan kali ini cukup sampai disini, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua.
Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini, mari kita dukung bersama-sama blog ini agar saya terus bisa berbagi ilmu pengetahuan untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4