Pengertian VPN Server dan Cara Kerja VPN pada Jaringan Komputer


Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja VPN pada Jaringan Komputer

Salah satu hal yang perlu diperhatikan para pengguna internet adalah keamanan berselancar di internet, bagaimana caranya agar ketika komputer terhubung dengan jaringan yang begitu luas, tetap berada dalam jalur yang aman sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab. Untuk mengatasi hal ini, salah satu caranya adalah memanfaatkan VPN.

VPN ini sangat berguna untuk kalian yang tidak ingin geografis atau identitas kalian dilacak oleh pihak lain ketika berselancar di internet, juga untuk menghindari serangan hacker ketika ada di tempat umum.

Nah untuk lebih jelasnya pembahasan mengenai VPN akan kita bahas dan simak artikel berikut ini.

fungsi VPN

Pengertiian VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah media perantara yang memungkinkan seorang pengguna komputer atau gadget lainnya terhubung dengan internet melalui sebuah server yang dijalankan oleh penyedia VPN. Semua data yang berlalu lalang antara komputer atau gadget pribadi tersebut terenskripsi secara aman dan terjamin. Secara umum, dengan menggunakan VPN seorang user akan mendapatkan manfaat sebagai berikut :

1. Tersedianya privasi yang lebih memadai dengan menyembunyikan aktivitas browsing internet dari ISP.

2. Memfasilitasi pengguna untuk menyembunyikan alamat ip, sehingga ketika menjelajahi berbagai macam website pihak lain tidak akan mengetahui lokasi gografis pengguna.

3. Melindungi pengguna dari serangan hacker, terutama ketika menggunakan WiFi ditempat umum.

4. Menghemat biaya pengaturan jaringan. VPN banyak digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya lebih rendah.

Fungsi VPN

Setidaknya, VPN memiliki tiga fungsi yaitu untuk menjaga kerahasiaan data (confidentially), kebutuhan data (integrity) dan autentikasi sumber (origin authentication).

1. Confidentally, artinya menjaga data atau informasi milik pengguna internet agar tidak diketahui oleh orang lain dan disalahgunakan. Dengan mengakses internet melalui VPN, maka website yang dikunjungi seorang pengguna internet akan dapat menelusuri jejak hingga ke server VPN, dan tidak akan menemukan alamat IP komputer pribadi pengguna.

2. Data integrity, artinya VPN menerapkan teknologi untuk menjaga keutuhan informasi mulai dari tempat data tersebut dikirim, melalui jaringan internet, hingga akhirnya sampai ke penerima. VPN memastikan agar dalam perjalanan pengiriman data tidak mengalami berbagai macam gangguan seperti rusak, hilang, ataupun dimanipulasi.

3. Origin Authentication, artinya VPN memiliki kemampuan untuk mengontetifikasi data yang masuk, dengan cara memeriksa data tersebut kemudian mengakses informasi sumbernya. Jika proses otentifikasi ini sukses, maka data yang dikirimkan atau diterima bisa dipastikan memang aman.

Cara Kerja VPN

Normalnya, ketika kalian terhubung ke internet, sebetulnya sebelum dapat mengakses suatu website, Kalian akan terhubung dengan ISP ( Internet Service Provider ), lalu barulah kemudian Kalian dapat terhubung dengan website yang dikehendaki. Semua lalu lintas data permintaan untuk website tersebut akan melewati server ISP terlebih dahulu, dan juga bisa terlihat dari pihak ISP.

Ketika mengatur komputer menggunakan VPN untuk mengakses internet, maka VPN bekerja untuk mengenskripsi data, sehingga hanya pengguna dan server yang mampu mengetahui lalu lintas data pengguna dan website apa saja yang diaksesnya. Artinya, dengan begini ada beberapa hal yang ditimbulkan.

1. ISP Tidak Mengetahui Apa yang Dicari Pengguna di Internet

Pihak ISP tidak dapat melihat dan mengetahui data-data ini, sebab data tersebut telah dienkripsi oleh VPN. ISP juga tidak mengetahui website apa saja yang Kalian Kunjungi, sebab semua aktifitas penjelajahan internet dilakukan melalui server VPN. Dari sudut pandang ISP, hanya akan terlihat bahwa pengguna hanya terhubung dengan server VPN.

2. Alamat IP yang Terlihat adalah IP server VPN

Sebuah server VPN bisa saja letaknya berada di Negara berlainan dengan Negara pengguna komputer. Sehingga ketika misalnya kalian mengakses suatu website menggunakan VPN, maka kalian akan teridentifikasi berasal dari Negara tempat server VPN tersebut berada. Siapapun yang berusaha untuk mencari jejak penjelajahan internet dan aktifitas kalian hanya mampu menemukan jejak server VPN saja, sehingga alamat IP kalian tetap aman.

3. Rasa Aman Untuk hotspot WiFi Publik

Sering memakai internet di kafe, restoran, atau hotel? Nyatanya, dengan menggunaka WiFi publik, alamat IP akan mudah sekali terdeteksi dan disalahgunakan. Namum jika WiFi public tersebut sudah menggunakan VPN maka kalian bisa bernafas lega, sebab jaringan internet antara gadget pribadi kalian dan server VPN telah dienkripsi. Bahkan jika seorang hacker berusaha mengambil data pengguna, misalnya dengan menjebak pengguna tersebut dengan membuat cloning hotspot data milik kalian tetap bisa aman karena telah melewati proses enkripsi.

4. Provider VPN Dapat Mengetahui Apa yang Kalian Jelajahi

Pada dasarnya, ISP yang kalian gunakan yang sama sekali tidak memilik komitmen atau peduli untuk menjaga kerahasiaan data kalian, tidak seperti VPN provider yang biasanya berkomitmen untuk menjaga privasi kalian. Secara umum VPN juga cukup fleksibel sebab mendukung berbagai macam protokol jaringan, mulai dari PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS.

Protokol-protokol seperti ini bisa membantu cara kerja VPN demi memproses otentikasi. Selain itu sebagai klien VPN, pengguna dapat membuat sambungan, kemudian mengidentifikasi siapa saja yang diberikan wewenang dalam jaringan. Jaringan VPN juga dapat ditingkatkan fitur keamanannya dengan melakukan proses enkripsi.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai pengertian VPN, fungsi VPN, dan cara kerja VPN. VPN ini memang memiliki banyak kelebihan sehingga banyak orang menggunakan VPN, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4