Pengertian VGA Card dan Jenis VGA Card Beserta Fungsinya

Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai, Pengertian VGA Card dan Jenis VGA Card Beserta Fungsinya, langsung saja simak ulasan berikut ini :

VGA Card
VGA card atau Virtual Graphics Array dikenal juga dengan sebutan video card, video adapter, display card, display card, graphics card, atau display adapter. Kartu VGA ini fungsi utamanya yakni untuk mengolah dan menerjemahkan output komputer/PC ke layar monitor. Jadi, jika layar monitor tidak keluar tampilan, bisa dipastikan salah satu penyebabnya adalah VGA card rusak atau pemasangan slotnya tidak tepat.

Kartu grafis atau kartu VGA ini memilik berbagai macam spesifikasi dan merk. Kalau kita hobi dengan gaming misalnya Dota, desain grafis, main game online, kita membutuhkan VGA card dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Beberapa pecinta game biasanya menggunakan VGA ATI atau Nvidia.

Pengertian VGA Card

jenis vga card, cara kerja vga card, mengenal vga card, kegunaan vga card,

Pengertian VGA Card adalah suatu perangkat keras komputer yang berfungsi mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer menuju ke layar monitor. VGA Card ini memiliki Graphuc Processing Unit (GPU) sebagai peosesor dan juga membutuhkan memoriy. Pada umumnya kartu grafis atau VGA ini bisa dianggap komponen yang penting,  dan juga bisa dianggap komponen yang tidak penting. Hal ini tergantung dari kebutuhan pengguna komputer masing-masing.

Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena biasanya sudah dibenamkan didalam motherboard ( VGA Onboard ), sehingga jika pengguna komputer hanya menggunakan komputernya untuk multitasking seperti microsoft office, Namun jika pengguna komputer menggunakannya untuk keperluan gaming dan grafis yang memerlukan tampilan grafis yang tinggi maka wajib hukumnya menggunakan VGA Card ini, bisa pakai model ATI atau Nvidia.
Jenis-Jenis VGA Card
1. VGA Card ISA
Jenis kartu VGA yang menggunakan slot ISA (Industry Standart Architecture) dengan sistem I/O 8 bit dan 16 bit. Tapi jenis VGA card ini sudah tidak lagi digunakan, karena jenis slot VGA ini memiliki kecepatan yang sangat lambat, kehalusan gambar dan kombinasi warna sangat terbatas.
2. VGA Card IESA
Jenis kartu VGA yang menggunakan slot EISA (Extended Industry Standart Architecture). Biasanya jenis VGA card dengan slot EISA digunakan pada sistem I/O 32 bit. Tapi janis VGA card ini sudah tidak dipergunakan lagi karena memiliki keterbatasan yang sama seperti VGA card ISA.
3. VGA Card PCI
Jenis Tipe Vga Card dengan slot PCI (Peripheral Component Interconnect) yang digunakan pada sistem I/O 32 but dan 64 bit. Meski masih ada, tapi jenis tipe VGA Card ini sudah jarang digunakan karena fiturnya yang terbatas membuat jenis tipe VGA card ini tidak dipilih. Slot PCI memiliki ciri ciri, bagian depan ada lekukan dan jenis pin lurus secara vertikal.
4. VGA Card AGP
Jenis Tipe Vga Card dengan slot AGP (Accelerated Graphics Port) yang digunakan pada sistem I/O 128 bit dan 256 bit. Ada beberapa voltase pada kartu VGA AGP ini yaitu AGP 1x dan AGP 2x (3,3 volt), AGP 4x dan AGP 8x (1,5 volt), AGP Universal dan serta AGP Pro Universal.
5. VGA Card PCIe (PCI Express)
Jenis Tipe Vga Card dengan slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) yang digunakan pada seri rangkaian sistem I/O dengan kecepatan transfer up to 32 GB/s. Beberapa VGA card dengan seri slot PCIe Express yang beredar dipasaran, yaitu PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x.

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai VGA Card dan Jenis VGA Card Beserta Fungsinya, mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4