Pengertian Topologi BUS dalam Jaringan Komputer

Pengertian Topologi BUS dalam Jaringan Internet.

Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.

Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Topologi Bus Pada Jaringan Komputer, langsung saja simak ulasan berikut ini :
A. Pegertian topologi bus pada jaringan komputer.
Apa itu topologi bus? Yang dimaksud topologi bus adalah jenis topologi pada jaringan komputer yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya atau menggunakan kabel pusat sebagai tempat dimana semua client dan server dihubungkan.
Atau arti lain dari topologi bus yaitu jenis topologi yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya yang dimana seluruh client yang menggunakan topologi ini akan dihubungkan ke server.
Penggunaan topologi bus pada jaringan komputer digunakan untuk memudahkan koneksi antara client dengan server yang ada dalam satu jaringan supaya lebih mudah saat berbagi data. Terutama jika haya terdapat satu server yang di tugaskan untuk memberikan pelayanan pada client yang jumblahnya tidak banyak, maka topologi bus dapat digunakan sebagai salah satu pilihan.
maksud topologi bus, apa itu topologi bus?, cara membedakan topologi bus, pengertian topologi jaringan

Jadi jenis topologi ini setiap komputer akan terhubung pada satu kabel utama yang panjang dengan beberapa terminal, dan kabel utama tersebut digunakan juga sebagai lalu lintas data. Saat ini topologi bus sudah jarang digunakan pada jaringan komputer karena alasan tertentu.
B. ciri ciri dari topologi bus.
Adapun ciri-ciri dari topologi bus yang diantaranya sebagai berikut ini:
  • Setiap komputer tidak terhubung dengan komputer lain secara langsung. Tapi terhubung melalui kabel tunggal yang menjadi media transmisi.
  • Kabel tunggal tersebut merupakan jalur yang akan dilalui oleh data.
  • Biasanya pada bagian ujung kabel utama akan dipasang terminator yang fungsinya untuk menghentikan sinyal supaya tidak berbalik arah ke sisi ujung lain.
C. Kelebihan dan kekurangan topologi bus
Berikut beberapa kelebihan dari topologi bus, yang diantaranya:
  • Irit kabel, karena menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya sehingga terpusat.
  • Instalasi tergolong cukup mudah karena layout yang cukup simple.
  • Mudah untuk dikembangkan, karena jika akan menambah client maupun server tidak akan mengganggu komputer lain.
  • Kecepatan pengiriman data yang tinggi.
  • Irit biaya, karena irit kabel.
Berikut ini beberapa kelemahan topologi bus, yang diantaranya:
  • Jika terjadi kesalahan dapat mengganggu komputer lain yang terhubung dengan kabel utama.
  • Sulitnya melakukan perawatan jaringan jika skalanya besar.
  • Karena menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya, maka lalu lintas data cukup padat.
  • Jika kabel utama mengalami gangguan maka seluruh komputer yang terhubung dengan jaringan-pun akan mengalami gangguan.
  • Dibutuhkannya repeater untuk memperkuat sinyal, jika jaraknya jauh.
  • Sering terjadi tabrakan data.
  • Sulit untuk menidentifikasi kesalahan atau gangguan.
Tadi kalian sudah membaca penjelasan diatas maka kalian pasti sudah memahami apa itu topologi bus dan segala kekurangan serta kelebihannya.

Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.
loading...
loading...
loading...