Pengertian Toolbar dan Fungsinya

Pengertian Toolbar dan Fungsinya Pada Komputer

Selamat datang para pembaca, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Toolbar dan juga Fungsinya. Kalian pasti sudah mendengar apa itu Toolbar, tapi memahami jelas mengenai Toolbar itu sendiri.

Apa Yang Dimaksud Dengan Toolbar?

Pengertian Toolbar dan Fungsinya

Toolbar adalah sekumpulan tombol navigasi dalam bentuk ikon yang terdapat pada bagian atas dan samping tampilan software, untuk memudahkan pengguna komputer dalam menjalankan fitur-fitur yang ada pada sebuah software. Apabila kota perhatikan,masing-masing tombol yang berada pada toolbar memilik fungsi berbeda-beda, misalnya apabila kalian ingin mencopy text kalian dapat menggunakan tombol icon gunting, gambar dengan icon kertas untuk membuat file baru dan lain sebagainya.

Dari sini kalian sudah sedikit memahami apa itu Toolbar dalam sebuah sofware komputer, lalu apa fungsi Toolbar yang sebenarnya?. Fungsi Toolbar pada sebuah software adalah untuk mempermudah pengguna dalam menjalankam fitur-fitur pada sebuah software, oleh karena itu icon-icon ditampilkan pada Toolbar melambangkan fitur yang akan dijalankan.

Toolbar sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain Toolbar Standart, Toolbar Formating dan ada juga Toolbar Drawing. Toolbar Standart biasanya berisikan tombol navigasi untuk membuka fitur - fitur utama pada sebuah aplikasi, misalnya membuat file baru, menyimpan dan membuka file, mengirim file dan lain sebagainya. Untuk Toolbar Formating berisikan tombol - tombol navigasi formating misalnya pengaturan text, pengaturan border, pengaturan data dan lain sebagainya. Sedangkan Toolbar Drawing berisikan tombol - tombol navigasi untuk memasukan, membuat dan mengedit objek gambar dan garis.

Setiap Software yang ada pasti sudah dilengkapi dengan Toolbar, hal ini diperlukan agar sofware tersebut dapat digunakan secara maksimal dan pengguna sendiri tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan software tersebut. Akan tetapi bebearap software mungkin ada yang memiliki disain yang berbedan dan biasanya disesuaikan fungsi dari sofware tersebut, misalnya software office memiliki desain berbeda dengan software multimedia.

Jadi kalian sudah paham kan mengenai Toolbar? artikel diatas sudah menjelaskan secara rinci mengenai Toolbar. Semoga kalian bisa memahami dan mengerti setelah membaca artikel diatas.

Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4