Pengertian dan Fungsi Power Supply

Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai, Pengertian, Pengertian dan Fungsi Power Supply, langsung saja simak ulasan berikut ini :

Komputer dilengkapi dengan komponen yang menghubungkan antara setiap komponennya, jika salah satu dari komponennya tidak terhubung. maka komputer tidak akan bisa bekerja dengan baik. Bahkan bisa saja komputer tidak bisa menyala.
Bagian komponen dari komputer itu ada banyak, salah satunya Power Supply. Apa itu Power Supply?

Power Supply

fungsi power supply, cara kerja power supply, kegunaan power supply, teknik komputer, perangkat keras komputer, arti power supply

Power Supply adalah salah satu hardware di dalam komputer yang berperan untuk memberikan suplai daya. Biasanya komponen power supply ini bisa ditemukan pada chasing komputer dan berbentuk persegi.
Pada dasarnya power supply membutuhkan sumber listrik yang kemudian diubah menjadi energi yang menggerakkan perangkat elektronik. Sistem kerjanya cukup sederhana yakni dengan mengubah daya 120V kedalam bentuk aliran dengan daya yang sesuai kebutuhan komputer tersebut.

Sesuai dengan pengertian Power Supply pada komputer, maka fungsi utamanya adalah untuk mengubah arus AC menjadi arus DC yang kemudian diubah menjadi daya atau energi yang dibutuhkan komponen-komponen pada komputer seperti motherboard, CD Room, Harddisk, dan Komponen lainnya. 
Power supply adalah jantung dari sebuah komputer, artinya power supply ini sangat penting bagi komputer. Karena semua arus yang masuk pada komputer melalui power supply terlebih dahulu, kemudian di salurkan pada komponen lainnya.

Berdasarkan rancangannya, power supply dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:

Power Supply/ Catu Daya Internal

Power supply yang dibuat terintegrasi dengan motherboard atau papan rangkaian induk. Contohnya; ampilifier, televisi, DVD Player; power supply-nya menyatu dengan motherboard di dalam chasing perangkat tersebut.

Power Supply/ Catu Daya Eksternal 

Power supply yang dibuat terpisah dari motherboard perangkat elektroniknya. Contohnya charger Laptop dan charger HP.
Intinya adalah Power Supply menjadi komonen utama yang ada pada komputer yang kita pakau sehari hari, dengan adanya power supply menjadi induk pembagi arus di dalam komponen komputer.

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Pengertian dan Fungsi Power Supply, mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4