Pengertian Mouse Pada Komputer

Kegunaan Mouse Pada Komputer

Tidak bisa kita pungkiri bahwa sudah menjadi sebuah teknologi yang seakan akan memiliki keharusan yang mana wajib untuk kita pahami dan kita gunakan di dalam kegiatan kita sehari-hari. Tidak hanya dalam urusan pekerjaan, di dalam hal hiburan pun komputer tetap menjadi wadah yang sangat dibutuhkan di era modern seperti sekarang ini.
Gambar Mouse terbaru

Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang paling banyak digunakan sebagai wadah atau media yang digunakan dalam proses bekerja di keseharian. Yang mana dengan menggunakan komputer, apapun pekerjaan yang kita lakukan bisa sangat terbantu dan tentunya tidak memakan banyak waktu dalam proses pengerjaannya.
Tentunya seperti yang kita tahu, komputer terdiri dari hardware dan juga software yang mana bersifat saling membutuhkan agar komputer tersebut bisa berjalan atau berguna sebagaimana seharusnya. Nah, di dalam hal hardware kita tentunya juga tahu bahwa komputer memiliki hardware bawaan dan juga hardware tambahan yang mana hardware tambahan ini seringkali kita sebut dengan perangkat peripheral.
Salah satu perangkat peripheral pada komputer yang memiliki peranan yang sangat penting dalam hal input data salah satunya selain keyboard adalah mouse. Ya, bisa dikatakan bahwa mouse ini sangat berguna untuk kita ketika menentukan sebuah pilihan di dalam penggunaan sebuah komputer.
Nah, seperti apa penjelasan yang ada mengenai mouse ini? Apa fungsinya dan apa saja jenis-jenis yang ada dari mouse ini? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan mengenai mouse di bawah ini.

Apa Itu Mouse

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mouse merupakan salah satu perangkat peripheral yang sangat dibutuhkan untuk digunakan dalam pengoperasian komputer. Bisa dikatakan komputer akan terasa kurang lengkap atau bahkan kinerjanya sangat menurun jika tidak ada mouse di dalam penggunaannya. Hal ini terkecuali jika kita menggunakan laptop, karena pada laptop trackpad digunakan sebagai pengganti mouse.
Mouse sendiri mengalami perkembangan yang bisa dibilang sangat pesat sejak awal kemunculannya yang mana masih menggunakan sebuah bola kecil pada bagian bawahnya yang berguna sebagai sensor hingga mouse yang sekarang yang bahkan tidak lagi membutuhkan kabel sebagai media penghubungnya. Dan tentunya juga hal ini bisa kita lihat dari bentuknya yang semakin lama semakin terlihat modern.

Selain perkembangan yang dapat terlihat dari segi bentuknya, mouse tentunya juga mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari segi teknologi maupun kegunaannya. Dari segi teknologi mouse yang dulunya menggunakan sensor mekanik, mechanical mouse, kini telah berkembang ke model optical mouse. Ini merupakan perkembangan yang sangat pesat.
Mouse komputer merupakan sebuah hardware atau perangkat keras yang mana termasuk dalam golongan perangkat input (masukan). Fungsi mouse sendiri pada sebuah komputer adalah mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer.
Perangkat ini dinamakan mouse karena memang bentuk dan design nya menyerupai sebuah tikus, dan kabel yang terhubung dengan komputer juga menyerupai seperti ekor tikus. Sebagai bahan referensi, komputer yang pertama kali dijual dengan satu paket mouse ialah komputer Xerox Star yang diluncurkan pada tahun 1981. Di dalam perangkat mouse ini, terdapat sebuah bola kecil yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemroses (CPU). Dengan demikian, mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.
Pada mouse, terdapat sensor yang berfungsi untuk menggerakkan kursor. Hasil gerakan kursor pada monitor merupakan hasil operasi sensor yang digerakkan oleh putaran bola yang terdapat pada bagian bawah mouse. Saat ini, bola pada mouse kini telah diganti dengan teknologi optik sehingga bisa menggerakkan sensor lebih akurat.
Pada laptop mungkin fungsi mouse atau kinerja mouse dapat digantikan oleh touchpad. Touchpad merupakan papan sentuh yang berfungsi untuk menggerakkan cursor dan fungsi lainnya. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa pengguna komputer atau laptop masih sangat membutuhkan mouse untuk membantu mereka menggerakkan cursor pada komputer.
Mouse tipe standart selalu terdapat 2 tombol, satu tombol kanan, dua tombol kiri. Kedua tombol ini memiliki fungsi yang berbeda. Tombol kiri pada mouse biasa digunakan untuk memilih obyek dan text, sedangkan tombol mouse sebelah kanan bila ditekan akan menampilkan menu menu tertentu. Menu menu ini berbeda dan mengikuti aplikasi yang sedang dijalankan. Pada bagian tengah atas mouse juga terdapat sebuah roda yang biasa disebut dengan scroll, scroll ini berfungsi untuk menggulung layar / halaman ( naik turun).
Mungkin itu saja pembahasan mengenai pengertian mouse, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Terimakasih saya ucapkan kepada teman-teman yang sudah berkunjung di artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel