Pengertian HTML Pada Sebuah Jaringan Komputer


Selamat datang para pembaca setia, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian HTML. Mungkin bagi kalian yang bersekolah di bagian jurusan computer sudah tidak asing lagi dengan HTML, tapi jika kalian hanya masyrakat awam misalnya tidak akan tahu mengenai HTML. Nah langsung saja simak artikel dibawah ini :

Pengertian HTML

Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari HypertText Markup Language yaitu bahasa pemograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilak berbagai infotmasi di dalam penjelajahan web internet (Browser). HTML juga dapat digunakan sebagai link-link anatar file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antara situs dalam dunia internet.

Supaya dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi pemformatan hipeteks sederhana ditulis dalam berkas format ASCII sehingga menjadi halaman web yang dengan perintah-perintah HTML.
HTML merupakan sebuah bahasa yang bermula bahasa sebelumnnya banyak di pakai di dunia percetakan dan penerbitan yang disebut Standard Generalized Makup Language (SGML).

Sekarang ini HTML merupakan standar Internet yang dikendalikan dan didefinisikan pemakaiannya oleh Word Wide Web Consortium (W3C). Pada tahun 1989 HTML dibuat oleh kolaborasi Berners-lee Robert dengan Caillau TIM pada saat mereka bekerja di CERN (CERN merupakan lembaga penelitian fisika energy tinggi di Jenewa).

HTTP atau HyperText Transfer Protokol merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau document yang berformat HTML dan web server ke web browser. Dengan HTTP inilah yang memungkinkan kalian menjelajahi internet dan melihat halaman web.

Fungsi HTML (HyperText Markup Language)

HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda terntentu (tag) untuk menyatakan kode-kode uang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

Secara umum, fungsi HTML adalah untuk mengelola serangkaian data dan informasi sehingga suatu dokumen dapat diakses dan ditampilkan di internet melalui layanan web.

Fungsi HTML yang lebih spesifik yaitu :

1. Membuat halaman web.
2. Menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet.
3. Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext).

Saya rasa penjelasan diatas sudah cukup jelas mengenai HTLM dan juga fungsinya, mungkin sekian saja artikel kali ini, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.

Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini, dukung terus blog ini agar terus berkembang dan saya bisa terus membagikan ilmu pengetahuan untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4