Pengertian Hardware dan Software Pada Komputer

Selamat datang para pembaca, pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian Software dan Hardware Pada Komputer.

Dalam dunia ini komputer sudah menjadi kebutuhan setiap manusia, tapi dibalik itu semua kita harus memahami sisi luar dan dalam dari komputer itu sendiri, contohnya seperti Hardware dan Software. Karena semua komponen tersebut merupakan satu kesatuan bersama perangkat komputer.

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik, yang di dalamnya terdapat beberapa komponen penting. Komponen-komponen tersebut berperan sebagai penunjang dari kinerja perangkat komputer itu sendiri.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa hardware maupun software merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa kehadiran kedua komponen tersebut, maka komputer desktop maupun laptop tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Pengertian Hardware dan Software Pada Komputer

Gambar Hardware

Apa itu Hardware dan Software? Lalu apa saja fungsinya pada perangkat komputer? Sebelum membahas beberapa contoh hardware serta Software dan berbagai macam fungsinya. Ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu pengertian atau definisi dari Hardware dan Software itu sendiri.

Jika dianalogkan antara Hardware dan Software pada perangkat komputer itu, bagaikan kesatuan tubuh manusia. Dimana Hardware menjadi organ tubuhnya, sementara software menjadi ruhnya dan komputer merupakan tubuh secara keseluruhan.

Jika pada tubuh manusia tidak memiliki ruh ataupun organ tubuh, maka tubuh tersebut tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Karena salah satu bagian dari tubuh tersebut tidak berfungsi, tanpa adanya komponen lain sebagai pendukungnya. Kira-kira seperti itulah, keterkaitan antara software dan hardware pada komputer.
1. Pengertian Hardware (Perangkat Keras)

Hardware adalah komponen perangkat keras, yang terdapat pada suatu perangkat komputer. Fungsi Hardware sendiri adalah sebagai media pengolahan data yang di input oleh operator. Untuk selanjutnya data akan diproses menjadi output yang berupa informasi.

Hardware dari segi fungsinya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu masukan (input), pemerosesan (process), serta keluaran (output). Contoh dari ketiga jenis hardware atau perangkat keras tersebut, adalah sebagai berikut:
  • Input Hardware: adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer. Contohnya: Keyboard, Scanner, Mouse, Microfon, Web Cam dan lain-lain.
  • Process Hardware: adalah sekumpulan perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah data, sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh operator, melalui Input Hardware. Contohnya: CPU (Central Processing Unit).
  • Output Hardware: hardware ini berperan sebagai perangkat yang menampilkan data hasil olahan dari Process Hardware. Contohnya: Monitor, Printer dan Speaker.

2. Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Sofware adalaha perangkat lunak, istilah ini digunakan untuk data yang telah diformat, dan disimpan ke dalam media penyimpanan dalam bentuk digital. Berbagai macam program yang terinstal di dalam perangkat komputer, juga masuk dalam kategori software. Termasuk juga sistem operasi, yang digunakan pada komputer tersebut.

Fungsi software sendiri adalah sebagai pendukung dari perangkat keras, yang terdapat pada komputer. Operator menggunakan software, untuk memberikan instruksi kepada hardware, agar dapat bekerja sesuai perintah operator.

Dari keterangan diatas kita bisa memahami apa itu Software dan Hardware, mungkin cukup itu saja ulasan mengenai Software dan Hardware.

Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua, terimakasih sudah berkunjung di artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4