Panduan Mengetik 10 Jari Bagi Pemula dan Anak-anak

Panduan Mengetik 10 Jari Bagi Pemula dan Anak-anak


Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, semoga hari-hari kalian menyenangkan, nah pada artikel kali ini saya ingin memberikan tutorial cara mengetik 10 jari bagi pemula. Apa gunanya mengetik 10 jari? pasti kalian bertanya-tanya, mengetik 10 jari berguna untuk meningkatkan kecepatan atau kelincahan kalian dalam mengetik.

Jika kalian mempunyai tugas banyak dan itu harus di ketik , jika kalian sudah bisa menggunakan 10 jari untuk mengetik secara otomatis tugas kalian akan lebih cepat selesai. Lalu bagaimana cara nya mengeti 10 jari itu? simak keterangan dibawah ini :

Menempatkan Posisi jari-jari tangan pada tombol Keyboard



Tahap pertama ketika hendak mengajar cara mengetik 10 jari bagi anak-anak dan pemula adalah mengarahkan siswa untuk menempatkan jari-jari tangan pada tombol keyboard.
Berikut penempatan posisi jari-jari tangan yang seharusnya pada keyboard komputer ketika mengetik:
Posisi jari tangan kiri di Keyboard
  1. Tempatkan jari telunjuk untuk menekan tombol huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
  2. Tempatkan jari tengah ntuk menekan tombol huruf D, E, C, dan angka 3
  3. Tempatkan jari manis untuk menekan tombol huruf S, W, X, dan 2.
  4. Tempatkan jari kelingking  untuk menekan tombol huruf A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  5. Dan posisi Ibu Jari untuk menekan spasi, bergantian dengan ibu jari tangan kanan.
Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Pemula


Posisi jari tangan kanan pada Keyboard

1. Tempatkan jari untuk menekan tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6

2. Tempatkan jari tengah untuk menekan tombol huruf : K, L, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang.

3. Tempatkan jari manis untuk menekan tombol huruf : L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ) dan titik (.) / tanda lebih besar ( > ) serta alt.



4. Tempatkan jari kelingking  untuk menekan semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.

5. Dan untuk ibu jari / jempol gunakan untuk menekan tombol Spasi, bergantian dengan jempol kanan.

Intinya antara jari tangan kiri dan jari tangan kanan tidak saling bersilang posisi menempatkan jari-jari tangan sesuai area yang sudah disebutkan diatas. Area tangan kanan mulai dengan huruf J sampai pada CTRL kanan, sedangkan area posisi tangan kiri pada mulai huruf F sampai dengan tombol windows

Nah itu tadi adalah cara belajar mengetik 10 jari dengan mudah, kalian hanya perlu memahami penempatan jari kalian. Kemudian coba kalian mengetik tentang pelajaran sekolah bagi kalian yang masih menduduki bangku sekolah.

Mungkin itu saja Tutorial Cara Mengetik 10 Jari Bagi Pemula, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini dan jangan bosan ya :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4