Mengenal Malware dan Jenisnya

Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai, Mengenal Malware dan Jenisnya , langsung saja simak ulasan berikut ini :

Kita semua tahu bahwa komputer bisa terserang virus layaknya seperti manusia, bisa sakit dan apa penyebab komputer terserang virus? simak artikel dibawah ini:

Pengertian virus, pengertian malware, jenis virus, jenis malware, cara menghindari virus komputer,

1. Pengertian Malware

Malware adalah sebuauh program yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu untuk mencari celah kesalahan di dalam sofware atau operating sistem.

Nama Malware sendiri merupakan sebuah singkatan dari "Malicious Software" yang berarti perangkat lunak mencurigakan. Sebuah Malware dapat mengakibatkan dampak buruk bagi sebuah komputer maupun user (pengguna komputer). Program ini dapat mengubah, merusak, mencari celah, dan mencuri data pribadi sesorang yang tentu sangat merugikan.

Walaupun pengertiannya "Program" namun malware ini juga dapat berbentuk script/kode. Intinya istilah malware digunakan untuk menggambarkan sebuah program atau script yang dicurigai yang dapat mengekspoitasi sebuah komputer atau informasi penting didalamnya. termasuk juga untuk menggambarakan program atau script yang bersifat berbahaya. merusak, mengganggu, mengusik dan mencurigakan. 

2. Siapa Target atau Sasaran Malware?

Berbicara soal target, malware memiliki terget yang bervariasi tergantung dari keinginan si pembuatnya. Misalnya saja unutk memata-matai seseorang, mencuri informasi atau data pribadi (rahasia) orang lain. membobol security program dan masih banyak lagi, intinya malware dapat berakibat merugikan sesorang bahkan banya orang.

Pada umumnya sebuah malware diciptakan unutk merusak atau membobol suatu software atau sistem operasi melalui script yang dirahasiakan dalam arti lain disisipkan secara tersembunyi oleh penciptanya.

3. Samakah Malware dengan Virus?

Beda. Sangatlah beda. Banyak orang salah kaprah mengartikan makna dari kedua istilah ini. ada yang menganggap malware dengan virus itu sama. Anggapan ini tentu keliru dan perlu dibenarkan. Dari segi tata bahasa istilah malware diartikan sebagai nama kelompok sedangkan virus diartikan sebagai nama diri. Dengan kata lai, yang namanya "virus" termasuk bagian anggota kelompok dari Malware. 

3. tipe/jenis malware apa yang sering ditemui ?

Seperti yang kita tahu, sebuah program tentu memiliki jenis. Demikian halnya dengan malware, adapun yang sering kita temui adalah virus, adware, trojan, worm, spyware, backdoor, BOTS, wabbit, browser hijacker serta rootkit & exploit. 

Beda nama, beda tipe. Beda juga tujuan dan cara penyebarannya. Lalu apa perbedaan dari masing-masing tipe ? Sobat bisa mengenal lebih jelas dari dari setiap malware di sini :

A. Virus

Virus adalah jenis Malware yang memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya sendiri dengan bantuan pihak ke-3 (biasanya pengguna komputer yang sedang terjangkit virus). Virus juga bisa memalsukan dirinya sebagai file seperti jpg, mp4, doc, pdf, dan sebagainya dan bisa juga memalsukan dirinya sebagai folder.

B. Worm

Worm sama seperti Virus yang menggandakan dirinya hanya saja Worm bisa menjalankan aksinya tanpa bantuan dari pihak ketiga. Jadi Worm akan bekerja sendiri secara otomatis. menggadakan dirinya dan menyebar dengan cepat melalui port keamanan yang terbuka pada jaringan komputer. 
Walaupun terlihat lebih canggih dan bersifat lebih merusak daripada virus. Worm juga memiliki kekurangan yaitu harus menemukan celah keamanan (vulnerability) jaringan yang memang terbuka dan jika tidak Worm tidak akan bekerja.

3. Trojan

Trojan adalah sebuah software yang dikira baik dan legal tetapi bersifat merusak. Trojan biasanya memfasilitasi Malware lain seperti Virus, Spyware, Worm, Backdoor dan sebagainya. Jadi sudah tentu fungsi utamanya untuk menyamar. 
Misalkan sofware Antivirus yang dikiranya bisa memasmi Malware di komputer tapi sofware tersebut hanyalah sebuah Backdoor.

4. Spyware

Spyware adalah program yang ditugaskan untuk memata-matai aktivitas komputer korban yang sudah terjangkit Malware yang satu ini. Malware yang satu ini akan mengumpulkan informasi mengenai komputer korban mulai dari Spesifikasi PC, Rekaman Layar, bahkan Ketikan Keyboard sekalipun. Salah satu Jenis Spyware yang paling terkenal adalah Keylogger yang fungsinya untuk mencatat tindakan atau kegiatan yang dilakukan di komputer korban.


5. Backdoor

Backdoor dalam Bahasa Indonesia berarti "Pintu Belakang". Sesuai dengan namanya, Backdoor untuk mendapatkan hak akses penuh atas komputer korban. Jadi jika komputer kita terdapat Backdoor milik orang lain. maka orang lain bisa mengendalikan komputer kita. Contoh kita sering temui Backdoor yang dihasilkan dari RAT (Remot Administrator Tool).

6. Wabbit

Wabbit sama seperti Worm, tapi Wabbit tidak perlu koneksi jaringan dan hanya bekerja pada jaringan lokal. Cara kerja Wabbit adalah dengan menggadakan dirinya sampai kapasitas Harddisk korban penuh. Dengan penuhnya kapasitas Harddisk korban tentunya akan menyebabkan komputer Hank atau Error karena kapasitas Harddisk yang sudah penuh.

7. Exploit

Exploit adalah program yang menyerang celah keamanan (vulnerability) sebuah komputer. Pada awalnya digunakan untuk Pentest (Penetration Testing) yang berfungsi untuk menguji tingkat keamanan sebuah sistem dan memperbaikinya jika ada. Tapi banyak yang menyalahgunakan Exploit ini untuk mencari Vulnerability sebuah sistem dab membobolnya.

8. Rootkit

Rootkit adalah program yang digunakan untuk menghilangkan jejak-jejak penyerangan kepada sebuah komputer. Rootkit ini sulit untuk dideteksi oleh Anti virus karena Rootkit biasanya tertanama di level inti sistem operasi (kernel).

Nah itu tadi sedikit ulasan Mengenal Malware dan Jenisnya , mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4