Mengenal Alat Input dan Output Pada Komputer

Mengenal Alat Input dan Output Pada Komputer

Selamat datang di Blog Belajar Komputer, kita kembali lagi hadir dalam menyajikan pengetahuan untuk kita semua. Nah pad artikel kali ini saya akan membahas mengenai alat Input dan Output pada Komputer.

Sekarang ini teknologi semakin maju dan berkembang, terutama pada bidang elektronik, misalnya komputer. Komputer pada zaman sekarang memiliki spesifikasi yang tinggi dan performa yang bagus, penggunaannya bisa memuaskan hati para penggunanya.


Disamping itu semua komputer juga memiliki alat Input dan juga Output, apa saja alat Input dan Output itu, simak artikel berikut :

Mengenal Alat Input dan Output Pada Komputer

A. Pengertian alat Input pada Komputer

Alat Input adalah perangkat keras yang digunakan untuk memberikan perintah kepada perangkat outpun (keluaran) pada komputer untuk memberikan sebuah data atau informasi yang dibutuhkan oleh user atau pengguna. Berikut ini adalah macam-macam peralatan input pada komputer beserta pengertiannya.

1. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat input (masukan) pada komputer yang berfungsi untuk memasukan data berupa huruf A s/d Z, angak 1 s/d 0 serta simbol-simbol tertentu seperti titik, koma, titik dua, tanda kutip dan lain-lain.

2. Mouse 

Mouse merupakan alat Input yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor. Alat ini sangat berguna untuk sistem operasi yang berbasis grafi. Selain itu mouse juga memiliki 2 Klik, yaitu klik kanan dan klik kiri yang berfungsi untuk memilih objek atau membuka suatu objek dengan menggunakan Klik tersebut.

3. Scanner

Scanner merupakan alat input yang memiliki fungsi hampir sama dengan mesin fotocopy dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory yang dapat dilihat hasilnya pada layar monitor.

4. Joystick

Merupakan alat Input pada komputer untuk memasukan perintah kepada pemain dalam sebuah permainan pada komputer. 

5. Webcam

Webcam adalah salah satu alat input komputer yang berbentuk kamera, banyak orang menyebutnya kamera real time yang gambarnya bisa diakses melalui WWW (Word Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video caal yang dapat memasukkan hasil data dan dibentuk dalam format digital atau gambar.

6. CD ROM/ DVD ROM

CD ROM/ DVD ROM adalah alat input yang yang fungsinya membaca program data atau program data media penyimpanan data CD/DVD.


7. Flashdisk

Flashdisk adalah alat input penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran tertentu.

8. CD ( Compact Disk )

CD (Compact Disk) merupakan alat masukan yang digunakan untuk penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik dari bahan plastik.


B. Pengertian alat Output pada Komputer

Output device atau disebut juga dengan perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahand data. Berikut adalah macam-macam alat Output (keluaran) pada Komputer.

1. Monitor

Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengelurakan hasil pemrosesan yang dilakukan oleh komputer berupa imformasi yang dibutuhkan oleh user.

2. Printer

Printer merupakan perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar, foto dan tulisan pada media kertas.

3. Projector

Projector merupakan perangkat keras yang mengitegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

4. VGA (Video Graphic Adapter) 

VGA (Video Graphic Adapter) merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah informasi output dan prosesor menjadi balik sinyal yang terkirim melalui kabel ke monitor.

5. Network Card

Network Card merupakan jenis perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.

6. Speaker

Speaker merupakan perangkat output yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara pada komputer.

7. Cutting Plotter

Plotter merupakan Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran besar, sebesar gambar arsitektur dan engineering.

8. Headset (Headphone)

Headset merupakan gabungan antara Headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan be
berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP.

Itu tadi adalah mecam-macam alat input dan output pada komputer beserta pengertiannya.
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua, terimaksasih sudah berkunjung di artikel ini, teruslah berkunjung ke artikel ini agar artikel ini dapat berkembang serta menambah ilmu pengetahuan kita semua.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4