Jenis - Jenis Mouse yang Harus Kalian Ketahui


Untuk kita yang sudah terbiasa atau yang dalam kesehariannya memang berinteraksi dengan komputer, pastinya sudah tahu bahwa sebenarnya mouse memiliki banyak jenis. Nah untuk yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa jenis mouse yang mungkin belum kamu ketahui, antara lain seperti yang dibawah ini.


Jenis - Jenis Mouse

Gambar mouse optik

Mechanical Mouse
Untuk jenis mouse yang pertama adalah mechanical mouse. Bisa dibilang kalau mouse jenis mechanical ini merupakan mouse generasi pertama yang mana masih menggunakan bola kecil yang menjadi sensor untuk mendeteksi gerakan mouse pada komputer. Mouse jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan pada masanya.
Mouse jenis ini mempunyai bola di bagian bawahnya. Bola yang berada di bagian bawah mouse tersebut bisa bergerak ke segala arah. Pada saat bola tersebut bergerak, maka sensor yang ada di dalam mouse akan mendeteksi arah pergerakan bola dan menerjemahkannya ke monitor dengan gerakan yang sama. Mouse tipe ini masih sangat populer dan banyak dijumpai kira-kira sampai tahun 2008.
Sekarang mouse jenis ini sudah jarang ditemukan karena sudah digantikan oleh teknologi yang lebih maju. Salah satu kekurangan penggunaan mouse ini adalah kita harus menggunakan mouse pad sebagai alas mouse kita. Jika tidak, maka bola pada mouse tidak akan bisa bergerak dengan leluasa yang membuat pointer kita tidak dapat menunjuk ke tempat yang semestinya kita inginkan.
Optomechanical Mouse
Untuk jenis mouse yang berikutnya adalah optomechanical mouse. Bisa dikatakan bahwa mouse jenis ini merupakan perkembangan dari mechanical mouse. Mengapa dikatakan sebagai perkembangan dari mechanical mouse? Alasannya adalah karena pada mouse jenis ini juga terdapat bola kecil pada bagian bawahnya yang juga berguna sebagai sensor.
Optomechanical mouse secara prinsip sama dengan mechanical mouse. Hanya saja pada mouse tipe ini, selain terdapat bola, di dalamnya juga terdapat sinar yang merepresentasikan posisi koordinat pointer. Dengan demikian mouse tipe ini mempunyai keakuratan lebih tinggi dibandingkan dengan mechanical mouse.
Optical Mouse
Yang selanjutnya adalah optical mouse. Untuk sekarang ini mouse jenis yang satu ini sudah seringkali kita jumpai di hampir tiap komputer dimanapun kita berada. Karena pada dasarnya mouse jenis ini bisa dikatakan memiliki keakuratan yang tinggi dan juga stabil yang bisa digunakan pada komputer.
Mouse jenis ini tidak menggunakan sistem mekanik sama sekali. Sebagai gantinya, tipe ini menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse. Dengan demikian kita bisa menggunakan mouse jenis ini tanpa memerlukan mouse pad. Teknologi pada optical mouse membuat kinerjanya jauh lebih presisi dibandingkan dengan dua tipe mouse sebelumnya.
Bus Mouse
Untuk jenis mouse yang selanjutnya adalah mouse yang bisa dikatakan memiliki kabel dengan serial bus seperti yang bisa kita lihat pada gambar di atas. Tidak kelihatan seperti mouse pada umumnya yang mana memiliki semacam roda yang berguna untuk melakukan scroll up dan down. Pada mouse jenis ini hanya terdapat tombol di kanan dan kirinya.
Mouse jenis ini terkoneksi pada PC melalui bus, yang digunakan pada awal digunakannya komputer IBM. Mouse ini terkoneksi ke PC melalui perangkat bus yang terintegrasi pada ISA add-in card.
Serial Mouse
Seperti namanya, mouse ini disambungkan melalui serial port, yaitu sebuah media komunikasi digital dimana informasinya dikirimkan secara bit per bit. Port yang umum digunakan adalah port tipe D dengan 9 pin (DB9M) yang terdapat pada bagian belakang motherboard. Mouse tipe ini pun sekarang ini sudah sangat jarang beredar.
PS/2 Mouse
Mouse jenis yang satu ini merupakan salah satu jenis mouse yang sempat populer penggunaannya. Hampir semua jenis komputer yang kita gunakan pastinya pernah menggunakan mouse yang menggunakan port ps/2 ini. Sampai saat ini pun pastinya masih ada yang menggunakan mouse jenis ini walaupun jarang.
Pada PS/2 mouse, digunakan konektor berupa 6-pin mini-din. Mouse ini booming mulai tahun 1987. Umumnya port yang diperuntukkan bagi mouse ini mempunyai warna hijau. Jenis ini juga sudah sangat jarang dijumpai di pasaran. Namun jika kamu membeli sebuah PC, kamu tidak perlu terkejut karena mungkin di sana masih ada yang menyertakan port untuk mouse tipe ini.
USB Mouse
Mouse jenis ini bisa dikatakan merupakan hasil perkembangan dari mouse jenis ps/2. Hal tersebut tentunya bisa kita lihat dari segi desain yang mana keduanya secara sepintas terlihat mirip satu sama lain. Dan bisa kita lihat juga, pada mouse jenis ini menggunakan port usb yang mana tentunya lebih simple jika dibandingkan dengan port ps/2.
Sama seperti mouse sebelumnya, mouse hanya berbeda di port-nya. Mouse ini menggunakan USB sebagai jembatan pengiriman sinyal dari mouse ke monitor. Mouse dengan USB ini pertama kali diproduksi pada tahun 1990-an. Kini jika kamu membeli mouse di toko-toko komputer dan aksesorisnya, kamu akan mendapati banyak sekali mouse yang menggunakan USB karena lebih praktis.
Wireless Mouse
Untuk jenis mouse yang terakhir adalah wireless mouse. Sesuai dengan namanya, mouse jenis ini tidak memiliki kabel sebagai media penghubungnya dengan komputer. Dan pastinya dengan mouse jenis ini kita menggunakannya dengan jarak jauh dan tidak merasa terganggu dengan kabel yang biasanya terdapat pada mouse.
Tahun-tahun belakangan ini semua aksesoris digital tak terkecuali mouse tengah mengarah ke tren wireless. Mouse ini tidak memerlukan kabel untuk mentransmisikan sinyal pergerakan, melainkan melalui pesan wireless yang diterim receiver device pada chip. Keunggulan mouse ini adalah memberikan kesan rapi pada perangkat komputer kita.
Nah artikel diatas mungkin sudah cukup melengkapi keinginan kita, kita sudah mengetahui jenis muose pada komputer. Ternyata mouse memilik beberapa jenis, tidak hanya satu jenis, karena dari generasi ke generasi mouse ini semakin diperbarui sehingga mempermudah pekerjaan kita dan serta efisien.
Mungki itu saja artikel kita pada pembahasan ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4