5 Jenis Komputer dan Penggunaannya


Selamat datang para pembaca setia, hari ini saya seneng banget nih karena saya bisa membagikan ilmu ataupun informasi untuk kalian semua. Nah langsung aja deh, pada pembahasan kali ini saya akan tentang Jenis-Jenis komputer, simak artikel di bawah ini :

Ternyata komputer itu mempunyai banyak jenis ya, pasti kalian berfikir komputer hanya satu jenis atau dua jenis saja, ternyata komputer itu memiliki bermacam macam jenis. Pasti kalian penasaran kan? Ini dia jenis-jenis komputer :


Macam-macam komputer


Jenis – Jenis Komputer Berdasarkan Prinsip Operasional (Operasional principle)

1. Komputer  Analog
Jenis Komputer ini digunakan menerima sinyal analog, berfungsi melakukan pengecekan data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Jenis Komputer ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan. Contoh penggunaannya melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan pada kegiatan ilmiah.

2. Komputer Digital
Jenis Komputer ini merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

3. Komputer Hybrid
Jenis komputer ini adalah penggabungan dari analog digital yang memiliki tugas melakukan pengendalian proses dengan konversi sinyal analog ke digital maupun sebaliknya.

Jenis – Jenis Komputer Berdasarkan Daya Pengolahan (Processing Power)

1. Mainframe
Adalah Jenis komputer besar yanhg digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi Besar, mengunakan mainframe dapat melayani ratusan penggunanya pada saat bersamaan serta memiliki kapasitas untuk melayani beberapa system operasi dan peroperasi sebagai mesin virtual dan dapat menggantikan beberapa server kecil.

2. Mikrokomputer
Komputer ini khususnya digunakan untuk single user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer).
Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa agar mampu berinteraksi dengan penggunanya.

Jenis – Jenis Komputer Berdasarkan Penggunaan Pribadi (Personal Computer)

1. Desktop
Desktop adalah komputer pribadi yang ditujukan digunakan secara umum di satu lokasi serta dirancang untuk diletakkan dan digunakan diatas meja di rumah atau di kantor. Peripheral peripheral Desktop seperti tampilan komputer, CPU, keyboard, terpisah satu sama lain dengan ukuran relatif besar. Komputer jenis ini yang paling terjangkau dan paling umum digunakan.

2. Laptop
Pengoprasiannya mirip denghan desktop, namum keunggulan laptop dapat dibawa kemana saja atau portable serta sudah satu paket dengan keyboard dan mouse. Laptop berjalan dengan menggunakan baterai atau adaptor eksternal yang mengisi baterai laptop.

3. Netbook
Fungsinya sama persis dengan laptop hanya saja yang membedakan adalah spesifikasinya dari netbook yang lebih kecil serta ukurannya lebih kecil dari laptop.

4. Server
Komputer server dirancang untuk menyediakan layanan kepada mesin klien dalam jaringan komputer. Mereka memilik kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan prosesor yang kuat. Komputer server berjalan dengan program yang melayani permintaan klien dan mengalokasikan sumber daya seperti memori dan waktu untuk mesin klien.
Umumnya komputer server ukurannya sangat besar, karena memilik prosesor yang besar dan banyak hard drive, serta dirancang kebal terhadap kegagalan bencana alam.

5. Komputer Tablet
Tablet adalah jenis komputer bergerak menggunakan teknologi layar sentuh. Tablet terintegrasi dengan layar keyboard atau menggunakan stylus atau pena digital. Apple iPad didefinisikan sebagai kelas komputer tablet.

Nah artikel diatas menjelakan Jenis – Jenis komputer ya temen-temen, dengan begitu kalian bisa mengetahui bahwa komputer memilik berbagai macam jenis.
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya, terimaksih sudah berkunjung pada artikel ini dan jangan bosan ya J

loading...
loading...
loading...