Fungsi Mouse Pada Komputer

Kita semua tentunya sudah tahu bahwa mouse merupakan perangkat peripheral komputer yang mana berfungsi untuk melakukan input data pada sebuah komputer. Namun ternyata selain fungsi tersebut, mouse memiliki fungsi yang lain yang tentunya juga berguna dalam pengoperasian komputer. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang ada pada mouse, antara lain :

Fungsi Mouse Pada Komputer
Gambar Mouse

·    Untuk mengeksekusi suatu program
Mouse memiliki peranan penting dalam hal ini. Kita akan sangat sering menggunakan mouse untuk membuka file atau menjalankan program. Pada umumnya suatu file ataupun program dapat dibuka dan dijalankan dengan cara melakukan double click.


·    Untuk memilih objek
Memilih merupakan aktivitas yang tidak bisa kita hindari dalam dunia komputer. Mulai dari memilih file, folder, bahkan kata-kata dalam program penulisan seperti Microsoft Word. Dengan menggunakan mouse kita dapat melakukan pilihan sesuai keinginan.

·    Melakukan drag dan drop
Dengan menggunakan mouse kita seringkali melakukan proses drag and drop pada item-item di dalam komputer kita, mulai dari operasi move, cut, sampai copy. Dengan didukungnya kemampuan ini melalui mouse, memudahkan kita dalam melakukan operasi-operasi sederhana tersebut.

·    Mendapatkan informasi melalui hover mouse
Hover adalah keadaan dimana pointer kita berada pada menu, file, atau folder tertentu. Ketika pointer ada dalam kondisi hover, maka kita akan melihat sebuah informasi ditampilkan. Informasi inilah yang disebut sebagai tooltips. Fungsi ini sangat berguna bagi kita untuk segera mengetahui apakah fungsi dari item yang akan kita click. Mungkin kita kurang perhatian dengan fitur yang satu ini. Jadi ketika kita mengoperasikan komputer atau laptop kita, cobalah untuk melakukan eksplorasi mengenai fitur hover ini.

·    Melakukan operasi scroll
Coba kamu cermati apa yang paling sering kamu lakukan ketika tengah membaca artikel-artikel dalam halaman ini. Ya. Benar sekali, kamu paling banyak melakukan scrolling, yaitu proses menjelajah isi halaman dengan menggulungnya. Tentu scrolling bukanlah satu-satunya cara supaya kamu bisa membaca artikel ini terus ke bawah. Sebagai nantinya kamu bisa menggunakan tanda panah (arrow) pada keyboard kamu. Namun itu akan sangat tidak praktis. Jelas bahwa fitur dukungan mouse ini sangat membantu aktivitas kamu dalam mengoperasikan komputer maupun laptop kamu.

·    Fungsi lain mouse
Fungsi lain yang dimaksud di sini adalah fungsi-fungsi lanjut dari mouse yang umumnya digunakan pada bahasa pemrograman. Jika kamu adalah seorang programmer, tentu kamu tidak asing dengan hal ini. Sebagai contoh ketika kita membuat sebuah program, kita menginginkan suatu event berjalan ketika mouse sedang melakukan suatu prosedur.

Bagaimana Cara Kerja Mouse

Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horizontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Jika kita hanya menggerakkan pengendali horizontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horizontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.
Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting.
Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.
Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini mengenai fungsi mouse pada komputer, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4