Cara Pemasangan Kabel RJ 45

Cara Pemasangan Kabel RJ 45


Selamat datang kembali di Belajar Komputer, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Pengertian Kabel RJ 45 dan sekarang kita akan membahas bagaimana cara memasang kabel RJ 45 tersebut.

Nah sebelum kita memasang kabel RJ 45 ini kalian harus menyediakan alat sebagai berikut : 

1. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel UTP yang biasa di pakai adalah UTP kategori 5 (UTP Cat 5) kenapa? Karena kabel UTP ini sanggup mensupport data hingga 100 Mbps. Kabel ini terdiri dari 8 kecil yang mempunyai warna berbeda-beda. Warne kabel tersebut adalah Orange putih, biru, biru putih, hijau, hijau putih, coklat, dan coklat putih.

2. Yang kedua adalah Jack RJ-45

Jack ini mirip dengan jack telepon rumha. Hanya saja ukurannya yang lebih besar. Jack RJ-45 ini terdiri dari 8 pin sesuai dengan jumlah kabel UTP.

3. Crimping Tools atau Tang Crimping 

Hardware yang satu ini mirip dengan tang. Namun, fungsinya tidak seperti tang pada umumnya. Crimping tool ini berguna untuk menjepitkan kabel pada Jack.

Sekarang saya akan membahas cara pemasangannya. Perlu diketahui bahwa tipe pesamangan Kabel RJ 45 ini ada berbagai jenis. Tapi kali ini yang akan kita bahas ada pemasangan tipe Straight dan Cross.

Langsung saja yang pertama tipe Straight.

Kabel UTP Tipe Straight


1. Kupas ujung kabel sekitar 1 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.


2. Pisangkan kabel-kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong bagian ujungnya sehingga rata satu sama lain.

3. Setelah kabel tersusun, ambil Jack RJ-45. Seperti yang saya katakan tadi Jack ini terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari jack ini adalah pin yang berada paling kiri jika posisi pin menghadap Anda. Berurut ke kanan adalah jack 2, 3, dan seterusnya.
Cara Pemasangan Kabel RJ 45



4. Kemudian masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam Jack RJ-45 sesuai dengan urutan tadi yaitu sebagai berikut:

  1. Orange putih pada pin 1
  2. Orange pada pin 2
  3. Hijau putih pada pin 3
  4. Biru pada pin 4
  5. Biru putih pada pin 5
  6. Hijau pada pin 6
  7. Coklat putih pada pin 7
  8. Coklat pada pin 8


Masukkan kabel tersebut hingga mentok bagian ujungnya di dalam Jack.

5. Masukkan Jack RJ-45 yang sudah terpasang dengan kabel tadi ke dalam mulut tang crimping yang sesuai sampai bagian pin Jack RJ-45 berada didalam mulut tang. Sekarang jepit jack tadi dengan tang crimping hingga seluruh pin menancap pada kabel. Biasanya jika pin jack sudah menancap akan mengeluakan suara "klik".

Sekarang kalian sudah selesai memasang jack RJ-45 pada ujung kebel pertama. Untuk ujung kabel yang kedua, langkah-langkahnya sama dengan pemasangan ujung kabel pertama tadi. Untuk itu, ulangi langkah-langkah tadi untuk memasang Jack RJ-45 pada ujung kabel yang kedua.

Kabel UTP Tipe Cross

Cara memasang kabel UTP tipe straight sudah saya jelaskan tadi. Sekarang saya bahas mengenai cara memasang kabel UTP tipe cross. Cara pemasangan kabel UTP tipe cross hampir sama dengan memasang kabel UTP tipe straight. Mengenai teknis pemasanganya sama seperti tadi. Perbedaanya adalah urutan warna kabel pada ujung kabel yang kedua. Untuk ujung kabel pertama, susunan kabel sama dengan susunan kabel UTP tipe straight yaitu:

  1. Orange pada pin 1
  2. Orange putih pada pin 2
  3. Hijau pada pin 3
  4. Biru pada pin 4
  5. Biru putih pada pin 5
  6. Hijau putih pada pin 6
  7. Coklat putih pada pin 7
  8. Coklat pada pin 8
Untuk ujung kabelnya yang kedua, susunan warnanya berbeda dengan ujung pertama. Adapun susunan warnanya adalah sebagai berikut.

  1. Hijau putih pada pin 1
  2. Hijau pada pin 2
  3. Orange putih pada pin 3
  4. Biru pada pin 4
  5. Biru putih pada pin 5
  6. Orange pada pin 6
  7. Coklat putih pada pin 7
  8. Coklat pada pin 8

Cara Pemasangan Kabel RJ 45

Susunan kabel tadi bisa kalian lihat seperti gambar dibawah ini :
Hasil akhir kabel UTP tipe Cross akan seperti ini

Cara Pemasangan Kabel RJ 45

Kesimpulannya adalah jika Anda memasang kabel UTP tipe straight maka susunan warna pada kedua ujung kabel adalah sama. Sedangkan cara pemasangan UTP tipe cross, susunan warna ujung kabel pertama berbeda dengan unjung kabel kedua.

Demikianlah cara pemasangan kabel UTP tipe Straight dan Cross, semoga artikel ini dapart menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, untuk terus berkembangnya artikel ini seringlah berkunjung agar saya dapat menambah pengetahuan kita semua. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4