Cara menghemat baterai pada Laptop


Selamat datang para pembaca setia Kodin Komputer, nah pada artikel kali ini saya akan membagikan pengetahuan lagi nih, yaitu cara menghemat baterai pada laptop. Langsung aja simak ulasan berikut ini.

Salah satu kelebihan dari menggunakan laptop dibandingkan dengan komputer /PC adalah pengguna bisa menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Menggunakan teknologi baterai membuat laptop dapat digunakan beberapa jam meskipun tidak terhubung dengan listrik, sehingga keuntungan tersebut akan lebih mempermudah pengguna dalam berkatifitas menggunakan laptop, sekali pun tanpa listrik.

Namun, ketahanan daya baterai di setiap latop ternyata mempunyai takaran yang berbeda-beda. Ada yang cepat habis serta ada pula yang tahan lama. Semua tergantung pada umur, tipe dan besarnya penggunaan baterai pada sebuah laptop. Bersamaan dengan ini, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menghemat baterai laptop agar tidak cepat habis.

Cara menghemat baterai pada Laptop


1. Mengatur Kontras Cahaya Layar

Pencahayaan pada layar laptop ternyata juga membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Semakin terang kontras layar, maka semakin besar juga daya baterai yang dikeluarkan. Selain iut, cahaya layar yang terlalu terang pastinya tidak baik bagi kesehatan mata. Maka demikian, menurunkan kecerahan layar merupakan salah satu solusi yang tepat guna menghemat daya baterai laptop anda. Hal itu juga sekaligus guna melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasri layar laptop.

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Penting

Menutup aplikasi yang tidak penting merupakan salah satu cara untuk menghemat baterai laptop. Banyk aplikasi artinya banyak juga mengonsumsi resource CPU yang tidak digunakan. Dan hal tersebut pastinya turut menguras daya baterai laptop, sehingga dirasa sangat cepat habis.
Kendati demikian untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa menutup aplikasi yang tidak terlalu penting menggunakan Task Manager. Untuk membuka Task Manager mudah saja, kalian tinggal klik Menu Start dan ketikkan di kolom pencarian “Task Manager”.

3. Cabut Perangkat USB

Perangkat USB yang terpasang pada laptop ternyata membutuhkan daya baterai, sehingga ini tanpa disadari akan membuat baterai kita cepat habis. Oleh karena itu, pastikan selalu mencabut perangkat USB yang sudah tidak digunakan. Misalkan, seperti ketika kalian menyalin file dari flashdisk, maka alangkah baiknya cabut perangkat USB tersebut setelah kalian selesai menggunakannya.

4. Gunakan Sleep Mode

Proses dinyalakan laptop cukup banyak menguras baterai. Maka untuk menghematnya, kalian bisa menggunakan fitus sleep mode saat mematikan laptop. Karena saat berada pada sleep mode, laptop akan menggunakan daya baterai sangat rendah jika dibandingkan ketika kita melakukan Shutdownlalu kemudian menghidupkan laptop kembali.

Namun cara ini hanya dapat dilakukan ketika kalian berencana memakai laptop beberapa saat setelah laptop dimatikan. Namun, jika kalian ingin mematikan laptop dalamjangka waktu yang panjang, maka kalian bisa menggunakan menu Shutdown.

5. Hindari Penggunaan CD/DVD-ROM

Penggunaan CD/DVD-ROM tentu membutuhkan kinerja laptop secara maksimal. Pastinya hal tersebut akan membuat hardware bekerja keras dan akan menguras daya baterai dengan cepat. Maka demikian, guna lebih menghemat baterai ada baiknya hinder penggunaan CD/DVD-ROM.

Sekaligus pastikan tidak ada CD/DVD-ROM yang tertinggal di dalam laptop, meskipun kalian sedang tidak menggunakannya.

6. Pastikan Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang ada pada laptop sebaiknya juga diperhatikan dengan rutin. Karena sirkulasi udara yang tidak lancar akan membuat laptop lebih panas, dan hal itu diyakini akan berpengaruh terhadap kinerja baterai. Khusus untuk cara ini, memperlancar sirkulasi udara bisa dilakukan dengan menggunakan kipas pendingin laptop. Selain itu lebih efektif, pendingin laptop juga bisa didapatkan dengan harga yang bersahabat.

Nah artikel diatas sudah cukup menjelaskan bagaimana cara menghemat baterai laptop, bagi kalian silahkan mencoba cara tersebut agar laptop kalian mempunyai performa baterai yang tahan lama dan kalian bisa mendapatkan kepuasan saat menggunakan laptop kalian.
Mungkin itu saja artikel pada kesempatan ini, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya, terimakasih sudah berkunjung di artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4