Cara Mengatasi Microsoft Word Yang Tidak Bisa Print Out Dokumen


Memakai Microsoft word untuk mengetik memang jadi kebiasaan yang sudah ada sejak dulu. Dari jaman Windows XP, Microsoft word memang sering digunakan untuk keperluan mengetik dan kemudian di print.

Hingga sekarang pun, Microsoft word masih digunakan untuk hal itu dan masih belum ditinggalkan. Apalagi dengan terus updatenya versi baru, serta belum ada saingan yang mampu menyaingi kegunaan dan fungsi dari Microsoft word adaalah 2 dari sekian alasannya.

Memakai Microsoft Word, bukan berarti selalu lancar. Ada beberapa masalah yang mungkin pernah dialami oleh para penggunanya. Salah satunya tidak bisa save dokumen dan tidak bisa print out dokumen.

Dokumen yang tidak bisa di print ini masuk kedalam masalah besar, karena memang sering terjadi di Microsoft Word. Biasanya, saat kita selesai mengetik dan me-review sebuah dokumen, kita bisa mudah memprintnya dengan cara klik CTRL + P.

Namun, beberarapa masalah muncul ketika proses tersbut. Contoh yang sering terjadi adalah tidak adanya respon printer. Ini sebenarnya disebabkan karena 2 hal. Karena printer atau MS Wordnya itu sendiri.

Untuk mengatasinya, mungkin beberapa cara berikut bisa membantu kalian semua. Tapi saya katakana sebelumnya, cara ini tidak 100% work, karena tiap error itu beda-beda penyebabnya.
Langsung saja, berikut adalah cara mengatasi MS Word lembar kerja tidak bisa di print :


Printer Error


1. Run As Administrator MS Word

Yang bisa kita lakukan ketika membuka Microsoft Word, adalah dengan membukanya langsung tanpa melakukan Run As Administrator terlebihh dahulu. Memang tidak masalah, tapi mungkin di beberapa kejadian akan menyebabkan pesan “Word Cannot Print Because There Doesn’t Seem to be Print Installer”.

Run As Administrator ini fungsinya untuk membuat aplikasi yang berjalan dari mode user biasa, ke mode admin. Sehingga MS Word jadi bisa mendapat akses full ke system.
Cara melakukannya mudah, cukup klik Run As Administrator lalu coba print kembali.

2. Coba Copy Dokumen ke Software Lain

Cara mudah jika dokumen tidak bisa di print, Kalian bisa mencoba untuk menyalin seluruh isi dokumen yang telah di ketik tadi ke software lain, lalu coba print kembali.

Ini lumayan ampuh, jika memang error yang terjadi bukan ada pada printer, melainkan ada di MS Word sendiri.
Walau jarang ada software mengetik yang lengkap dan komplit seperti Microsoft Word, namum cukup banyak software-softwae office yang masih bisa digunakan. Termasuk untuk kebutuhan ngeprint.

Kalian bisa mencari referensinya di internet, atau paling mudah kalian bisa mencoba Wordpad (Program bawaan Windows) jika tersedia pada Windows kalian.
Caranya? Klik Start > search > ketik Wordpad.

3. Convert ke PDF

Sebenarnya cara ini masih berhubungan dengan cara sebelumnya, namun dibilang lebih mudah. Kalian bisa mencoba untuk save dokumen yang telah di ketik tadi kemudian mengubahnya kedalam format PDF.

Lalu print hasil PDF menggunakan aplikasi PDF viewer dan sejenisnya. Kelebihan cara ini adalah, kalian tidak perlu mengedit isi dari dokumen yang telah kalian ketik tadi. Sehingga isinya tidak akan berubah.

Nah untuk cara convertnya bagaimana? Kalian bisa menggunakan aplikasi Converter PDF atau mengconvertnya langsung via web. Karena banyak sekali website yang menyediakan fasilitas word ke PDF yang bisa kalian gunakan.

4. Atur Service.msc

Ini cara lama yang dipakai beberapa orang untuk mengatasi Word yang susah di print. Siapa tahu menggunakan cara ini bisa bekerja.

a. Klik Start > Ketik Run
b. Ketikkan Service.msc kemudian klik enter
c. Kemudian cari konfigurasi Print Spoiler. Untuk memudahkan pencarian, kalian bisa mengetik huruf P dan R dalam jeda yang singkat.
d. Klik konfigurasi tersebut
e. Perhatikan bagian startup type. Pastikan settingannya ada di Automatic. Jika tidak silahkan diubah terlebih dahulu.
f. Pada bagian Service status, pastikan statusnya dalam keadaan started atau running. Jika belum kalian cukuo mengklik tombol Start untuk menjalankannya.
g. Kemudian Klik OK, lalu coba print lagi.

5. Reinstall Microsoft Word

Cara ini adalah opsi terbaik untuk mengatasi jika ada fitur yang tidak bisa aktif atau error didalamnya. Silahkan uninstall terlebiuh dahulu MS Wordnya, kemudian install kembali seperti biasanya. Nah, ada baiknya juga kalian memakai cara hapus bersih data pada MS Word kalian.

6. Periksa Printer

Untuk cara terakhir adalah periksa printer yang kalian gunakan, printer yang bermasalah memang kadang sulit diketahui. Namun, jika dengam 5 cara diatas word masih belum juga bisa di print, maka bisa jadi printernya yang mengalami masalah.

Kerusakan printer sendiri ada bermacam-macam. Ada yang tidak mau merespon, ada yang tidak mau terbaca, bahkan ada yang tidak berjalan sama sekali.

Untuk langkah awalnya, silahkan cek kabelnya terlebih dahulu, pastikan sudah tersambung kuat. Reinstall driver printer, dan terakhir lakukan reset printer agar jadi seperti sedia kala.

Mungkin 6 cara diatas bisa membantu kalian yang sibuk memperbaiki Word yang tidak bisa melakukan print out, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian semua.
Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya, terimakasih saya ucapkan kepada kalian yang sudah berkunjung pada artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4