Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Connect ke WiFi


Berjumpa kembali dengan saya admin dari Blog Belajar Komputer, nah pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi Laptop yang tidak bisa connect ke WiFi.

Cara ini bisa di bilang mudah, namun kalian perlu mencobanya dengan jeli di tiap tahapnya. Bagi kalangan akademis di lingkungan sekolah atau kampus, dan di lingkungan kerja kedinasan, seperti kantor dinas dan kantor layanan publik umumnya sekarang ini memberikan akses connect WiFi secara gratis atau Cuma-Cuma. Namun tak kalah dengan tempat-tempat seperti itu, warung kopi dan rumah makan lesehan pun memberikan layanan free wifi untuk menarik pengunjung datang ke tempat usaha mereka.

Yang menjadi masalah, biasanya banyaknya akses wifi di beberapa tempat, tapi laptop yang kita pakai tidak bisa connet wifi. Nah langsung saja simak artikel berikut.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Connect WiFi

Di area free wifi atau bahkan wifi dirumah kalian ini sudah banyak yang mengulas di internet, namun saya ingin mengulasnya lagi dengan mudah dan cepat mengenai caranya agar kalian lebih paham untuk melakukan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan.

Kalian bisa menganalisa sendiri beberapa hal yang akan saya ulas dibawah ini tentang cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect wifi. Kalian cukup merestart atau shutdown dan tunggu 5-10 detik baru nyalakan kembali laptop kalian. Namun jika tidak berhasil coba analisa permasalahan dibawah ini :


Wifi eror

1. Tomblo wireless network wifi pada laptop belum on, atau dalam keadaan off. Biasanya kalau sudah dinyalakan indicator lampu berwarna hijau.

2. Pastikan Modem atau access point internet indicator lampunya menyala semua. Jika kalian berada di area free wifi kalian coba bertanya akses internetnya bisa atau tidak agar kalian tidak salah paham kenapa laptop kalian tidak terkoneksi wifi.

3. Driver Ethernet control wifi belum terinstall pada laptop, biasanya ketika di cek ada logo tanda Tanya.

4. Setting network connection salah, biasanya pengguna internet yang memakai ssh atau proxy tertentu mengubah settingan network connection, nah kemudian ketika dia menggunakan akses wifi umum lupa mensetting ulang.

5. Salah pilij Internet acces yang tersedia, biasanya pemula yang ini mengakses wifi dilingkungan yanf free wifi, muncul speedy instan@wifi.id dengan indicator sinyal tinggim namum tidak bisa digunakan untuk akses internet.

6. Salah memasukkan password atau kata kunci wifi tersebut.

7. Pastikan Airplan mode dalam kondisi Off, khusus laptop windows 8 keatas.

8. Lampu indikatir pada wifi menyala merah terus, biasanya terjadi kerusakan pada hardware secara otomatis drivernya tidak terdeteksi.


Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Connect WiFi Melalui Settingan Manual

Cek pada notification area icons network wifi di pojok kanan bawah pada tampilan desktop kalian, apakah interney access ada lambing segitiga kuning dengan tanda seru? Jika ada, maka kalian tidak akan bisa terkoneksi dengan internet sebelum lambangnya menghilang. Langkah – langkah memperbaikinya sebagai berikut :

1. Klik start pada control panel – klik network and internet – klik network dan sharing center – klik change adapter setting.

2. Klik kanan pada Wireless connection dan pilih properties

3. Double klik pada Internet Protocol Version 4

4. Kemudian pilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically.

5. Kemudian tekan OK dan OK lagi.

Setelah selesai, close semua dan tunggu beberapa menit dan biasanya tidak lama, kemudian lihat pada lambing notifikasi area icon network/wifi apakah lambing segitiga kuning bertanda seru atau sudah hilang? Jika sudah hilang, maka kalian bisa menggunakan internet karena laptop kalian sudah bisa terkoneksi dengan internet.

Jika Laptop masih tidak bisa connect wifi, mungkin ada problem pada driver network nya. Untuk melakukan analisa, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Klik kanan pada My Computer/this PC untuk Windows 8 – klik manage.

2. Klik Device Manager.

3. Klik Network adapters, jika ada tanda Tanya berwarna kuning, berarti ada masalah pada drivernya atau belum terinstall.

4. Jika sudah terinstall drivernya maka sudah pasti bisa di gunakan untuk akses internet.

Setelah menjalankan beberapa langkah tersebut,  pasti laptop sudah bisa connect wifi secara normal dan lancar. Namun, jika belum bisa terkoneksi dengan normal kalian bisa melihat beberapa penyebab yang bisa membuat laptop tidak bisa conncet ke wifi pada artikel yang sudah saya jelaskan diatas.

Jika masih saja tidak bisa silahkan kalian kunjung service center di sekitar tempat anda tinggal, mungkin mereka akan lebih paham mengenai hal ini.

Mungkin cukup sampai disini pembahasan kita, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya, jangan bosan berkunjung juga ya :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4