Cara Mudah Mengatasi Excel Not Responding

Disini kami akan memberikan solusi terbaru mengenai permasalahan atapun keluhan dengan komputer Anda. Salah satunya jika muncul permasalahan mengenai excel yang membeku, berhenti kerja dan excel yang not responding.
Sering tidak kalian mengalami error dalam menggunakan Excel? Salah satu kendala yang sering saya temukan saat menggunakan excel tiba-tiba muncul pesan error “ Excel Not Responding “. Ketika pesan error not responding muncul tentu excel yang sedang digunakan akan berhenti, membeku dan tidak mau bekerja lagi.

Error dengan pesan Excel Not Responding sangat menganggu pekerjaan yang sedang kita kerjakan menggunakan Excel. Sangat menjengkelkan rasanya jika error ini terjadi Excel yang kita gunakan terasa agak lambat bekerja. Pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan segera akan tertunda.

Cara mengatasi Excel Not Responding, penyebab excel not responding, cara memperbaiki excel yang eror, gejala microsoft excel not responding terus, tutorial memperbaiki microsoft excel tips komputer


Cara Mudah Mengatasi Masalah Pada Microsoft Excel Not Responding Terus

Perlu kalian ketahui Microsoft Office Excel banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyimpan berbagai data salah satunya data keuangan. Terutama untuk menghitung keuntungan atau kerugian ( Profit/loss). Oleh karena itu Microsoft Office Excel sangat dibutuhkan dan program penting seperti Office Excel perlu bekerja dengan lancar, agar data tetap aman. Namun beberapa kali, pengguna menghadapi kesalahan dimana Microsoft office Excel error atau berhenti bekerja.

Namun jika mendapatkan pesan kesalahan yang mengatakan “ Excel Tidak Menanggapi “, atau “ Excel Telah Berhenti Bekerja “. ( Ms Excel Not Responding ) sehingga menimbulkan pertanyaan kenapa excel not responding?? Nah ini adalah bagaimana cara mengatasi nya.

Cara Mengatasi Pesan Kesalahan Microsoft Excel Tidak Merespons

1. Jalankan Excel dalam Safe Mode

Buka Command Prompt, dengan cara menekan Windows + R, pada keyboard atau pilih opsi Run dari Start Menu pojok bawah kiri komputer. Pada Command Prompt, ketik excel.exe / safe, untuk menjalankan MS Excel di Safe Mode. Sekarang coba buka file lagi. Ini akan membantu jika ‘add-in’ atau program lain menyebabkan Excel macet.

2. Ganti Install-an Printer Default

Cara ganti printer default adalah solusi baik untuk mengatasi Microsoft excel not responding. Saat kalian membuka dokumen seperti spreadsheer, ia akan mencoba untuk berkomunikasi dengan printer, sehingga bisa mengetahui ukuran kertas margin yang didukung oleh printer default. Jika komunikasi itu gagal, Excel macet atau error.

Dalam kasus ini, kalian perlu mengganti printer default. Pergi ke Control Panel, dan klik Devices dan Printers. Sekarang atur Microsoft XPS Documen Writer sebagai printer default, dengan mengklik kanan diatasnya. Setelah selesai, coba buka excel lagi dan insya Allah masalah kalian teratasi.

3. Perbaiki Masalah Excel dengan Add-in

Dalam safe mode, buka Excel. Kemudian klik File. Setelah dibuka, masuk ke Options dan kemudian klik Add-in, Add-in yang berbeda dalam program itu akan ditampilkan. Kalian dapat mencoba untuk menonaktifkan add-in satu persatu, memungkinkan masalah akan teratasi. Jika kalian melihat tambahkan baru-baru ini kalian juga dapat mencoba menghapusnya terlebih dahulu, untuk memeriksa apakah excel bekerja setelah itu.

4. Perbaikan Repair Office

Salah satu cara untuk memperbaiki kesalahan “Excel is not responding” adalah memperbaiki Microsoft Office. Untuk mekakukan hal ini, masuk ke Control panel, dan pilih Programs dan Freatures. Klik pada Microsoft Office dalam daftar dan kemudian pada tombol Change di bagian atas. Kalian akan mendapatkan pilihan untuk secara otomatis “Repair” Office. Setelah itu selesai, periksa apakah masalah sudah terpecahkan.

5. Uninstall dan  Reinstall Microsoft Office Excel

Jika panduan mengatasi masalah Microsoft Office Excel diatas belum berhasil, mungkin kalian harus mencopot pemasangan Microsoft Office yang terinstal, dan kemudian memasangnya kembali. Tidak perlu dilakukan secara manual, Microsoft menawarkan sebuah program untuk itu disebut Easy Fix. Kalian bisa menemukannya di situs resmi Microsoft.

7. Perbarui Perangkat Lunak Anti-virus

Terlepas dari solusi ini, disarankan agar sobat memeriksa apakah perangkat lunak anti-virus kalian terbaru. Ini mungkin bertentangan dengan Microsoft Excel dan menyebabkan masalah pada Microsoft Excel. Kalian bisa mencoba untuk menonaktifkan anti-virus kalian dengan memeriksa ulang apakah kesalahan telah teratasi.

Jika tips dan trik mengatasi masalah pada Microsoft Excel Not Responding tidak ada yang berhasil. Kalian juga dapat menggunakan perangkat perangkat lunak pihak ketiga yang efisien seperti Stellar Phoenix Excel Repair.


Nah itulah sedikit pembahasan mengenai Cara Mengatasi Excel Not Responding, mungkin artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Jangan lupa berikan komentar dibawah agar saya mendapat saran dan masukan yang positif tentunya. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, kita akan bertemu pada artikel selanjutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer secara detail dan lengkap lagi. Semoga bermanfaat….

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4