Cara menentukan Margin atau tata letak suatu dokumen di Microsoft Word

Cara menentukan Margin atau tata letak suatu dokumen di Microsoft Word

Selamat datang kembali di Blog Belajar Komputer, blog yang menyajikan berbagai pembelajaran mengenai komputer sampai tuntas dan jelas, nah pada artikel kali ini saya akan memberikan cara menentukan margin di Microsoft Word, langsung aja deh simak artikel di bawah ini :

Kalian sudah pasti tahu kalu didalam Microsoft Word ada Menu Toolbar, perhatikan gambar dibawah ini agar kalian bisa memahami dengan jelas cara mengatur margin.

  1. Klik Tata Letak > Margin.
    Galeri Margin muncul dengan margin Normal satu inci sudah dipilih.
  2. Untuk mengubah margin, klik opsi lainnya dalam galeri Margin. Masing-masing memperlihatkan ukuran margin.
Cara menentukan Margin atau tata letak suatu dokumen di Microsoft Word
Catatan: 
  • Jika dokumen Anda berisi beberapa bagian, margin baru hanya akan diterapkan ke bagian tempat Anda berada, atau untuk bagian sebanyak yang Anda pilih.
  • Jika Anda ingin margin baru dijadikan default setiap kali Anda membuka Word, klik Margin > Margin Kustom (di bagian bawah galeri Margin). Pada tab Margin dalam kotak Dokumen, klik Default di sudut kiri bawah kotak, lalu klik Ya.
Membuat margin kustom
Jika tidak ada margin standar yang Anda inginkan, atur sendiri margin Anda.
  1. Klik Tata Letak > Margin > Margin Kustom (di bagian bawah galeri Margin).
  2. Pada tab margin , masukkan nilai yang Anda inginkan.
    Catatan: Jika Anda ingin margin baru dijadikan default setiap kali Anda membuka Word, pada tab Margindalam kotak Dokumen, klik Default di sudut kiri bawah kotak, lalu klik Ya.

Mengatur margin untuk halaman yang berhadapan

Gunakan margin cermin untuk mengatur halaman berhadapan pada dokumen bersisi ganda, misalnya buku atau majalah, sehingga margin halaman kiri akan berupa cerminan dari margin halaman kanan.
  1. Klik Tata Letak > Margin.
  2. Klik Cermin.
    Catatan: Untuk mengubah lebar margin cermin, klik Margin Kustom di bagian bawah galeri Margin. Masukkan nilai baru di kotak Di dalam dan Di luar.

Menambahkan margin gutter untuk dokumen yang dibundel

Margin gutter menambahkan ruang lebih pada margin samping, margin atas, atau margin dalam dari dokumen yang Anda ingin jilid. Ini membantu untuk memastikan teks tidak terpotong karena penjilidan.
  1. Klik Tata Letak > Margin > Margin Kustom.
  2. Di kotak Gutter, masukkan lebar untuk margin gutter.

Mengubah satuan pengukuran margin

Tentukan satuan pengukuran margin yang paling berguna bagi Anda: inci, sentimeter, milimeter, titik , atau pica.
  1. Pada Word menu, klik preferensi, dan lalu di bawah penulisan dan alat pemeriksaan, klik umum.
  2. Dalam kotak Perlihatkan pengukuran dalam satuan, pilih satuan yang Anda inginkan.

Selengkapnya tentang margin

  • Untuk mengubah margin dari titik tertentu teruskan dalam dokumen, pilih teks, klik tata letak > marginMargin kustom. Lalu, pada tab margin , masukkan nilai untuk margin yang Anda inginkan, dan di Terapkan ke, klik saat ini.
  • Jika Anda menerapkan margin ke teks yang dipilih, Word secara otomatis menyisipkan hentian bagian sebelum dan sesudah teks. Jika dokumen Anda sudah terbagi-bagi menjadi beberapa bagian, Anda dapat mengklik satu bagian atau memilih beberapa bagian sekaligus, lalu mengubah margin.
  • Sebagian besar printer memerlukan lebar minimum untuk pengaturan margin, karena mereka tidak bisa mencetak ke tepi halaman. Jika Anda mencoba untuk mengatur margin yang terlalu sempit, sebuah pesan mengatakan margin satu atau beberapa berada di luar area cetak halaman. Klik Perbaiki untuk secara otomatis menambah lebar margin. Pengaturan minimum margin bergantung pada printer, printer driver dan ukuran kertas. Periksa manual printer Anda untuk mempelajari tentang pengaturan minimum margin.
Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Microsoft Power Point, mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4