Cara Memperbaiki Laptop/ PC yang Lemot

Cara Memperbaiki Laptop/PC yang Lemot
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Cara Mengatasi Laptop/PC yang Lemot, langsung saja simak ulasan berikut ini :
Sering kita mengalami Laptop/PC kita lemot, di Klik atau di gerakkan tapi tidak bergerak, atau sering program dalam laptop kita tiba-tiba Not Responding. Sekarang kita akan mengulas bagaimana caranya mengatasi nya.

membuat laptop tidak lemot, penyebab laptop lemot, penyebab laptop hang, cara mengatasi laptop lemot


1. Uninstall Aplikasi yang membuat Laptop Lemot
jika sudah memiliki laptop, terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, jika kita terlalu terlalu banyak menginstall aplikasi, kapasitas penyimpanan pada Drive C akan menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama membaca hard disk.
Efek jangka panjangnya, tentu saja akan menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Untuk mengatasinya, cara paling ampuh adalah dengan melakukan uninstall terhadap aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan.
Coba seleksi mana saja aplikasi yang jarang terpakai. Kamu bisa cek juga aplikasi yang tidak sengaja terinstall ketika sedang melakukan browsing, lalu ketika melakukan download konten dari website tertentu, atau pada saat melakukan install.
Pakai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja, karena sangat sayang jika sampai memori penuh karena aplikasi yang sering menganggur. Dan ini menyebabkan Laptop menurun kinerjanya.

2. Pakai Antivirus Agar Laptop/PC tidak lemot
Salah satu alasan klasik kenapa perangkat laptop menjadi lemot adalah karena terkena virus atau malware. layaknya manusia juga bisa terkena penyakit yang berakibat pada menurunnya performa laptop. 
Untuk mengatasi hal ini pasang antivirus agar laptop tidak lemot. Selain itu, selalu update antivirus agar berbagai macam virus dapat terbaca dengan antivirus yang sudah terinstall. 

3. Pakai aplikasi yang bisa mengatasi laptop lemot
Sebelum membeli, pemilik laptop sudah harus tahu spesifikasi dari laptop yang dimilikinya. Hal ini untuk membantu pemilik untuk menilai apakah aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya atau tidak.
Contohnya, kita menginstall game berat favorit padahal spesifikasi prosesor dan RAM tidak memadai. Apabila tetap memaksa memasang aplikasi itu di laptop, maka jangan heran suatu saat laptop akan menjadi lemot.
Solusinya, jangan memaksakan kemampuan si laptop. Pilah-pilihlah aplikasi alternatif yang bisa mengatasi laptop lemot biar bikin ngebut sesuai dengan kondisi spesifikasinya.

4. Buka aplikasi pilihan agar laptop tidak lemot.
Memaksakan kinerja RAM dengan menyalakan aplikasi secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab latop lemot. Sebagai contoh, ketika kita sedang bermain game kita sering ikut membuka aplikasi pemutar musik secara bersamaan. Padahal pemrosesan game saja sudah berat, tapi masih ditambah dengan pemutar musik.
Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi baru kamu. Atau kamu bisa mengaktifkan task manager untuk mengontrol RAM pada saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. 

5. Bersihkan Desktop dan Aplikasi saat Proses Startup Laptop 
Menaruh banyak aplikasi di desktop juga bisa menjadi penyebab lain kenapa laptop kamu bisa lemot. Bila kamu menggunakan laptop dengan spesifikasi besar, maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi terkadang kita menaruh terlalu banyak aplikasi pada desktop menyebaban laptop lemot dalam merespon perintah user.
Selain itu awasi juga aplikasi yang berjalan ketika kita sedang dalam aktifitas startup. Walau aplikasi yang berjalan saat laptop startup adalah aplikasi penting seperti anti virus.
Usahakan jangan terlalu banyak aplikas yang berjalan ketika laptop startup, karena ini menjadi penyebab laptop lemot. Sebab aplikasi tersebut menjadi working in background yang diam-diam memakan kapasitas RAM.

6. Tambahkan kapasitas RAM pada Laptop agar Laptop menjadi tidak lemot
Cara mengatasi laptop lemot lainnya ada pada penambahan RAM. Awal, pada saat membeli laptop terkadang Kita membeli laptop yang lebih murah dengan RAM lebih rendah, misal 4GB. Padahal Anda ingin memiliki laptop yang lebih gegas.  Penambahan kapasitas RAM 8GB atau RAM 16GB bisa disiasati setelah Anda memiliki kocek lebih.

Tapi jangan asal menambah kapasitas RAM, perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop kita.

7. Jika usia laptop cukup tua, lakukan pembersihan Drive c 
Layaknya manusia, jika laptop sudah berusia tua biasanya diatas 3 tahun,  kinerjanya pasti akan menurun untuk itu salah satunya lakukanlah pembersihan Drive C. Lakukan juga uninstall dari program dan juga aplikasi yang dianggap memberatkan kerja laptop untuk memperbaiki kinerjanya.

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Cara Mengatasi Laptop/PC yang Lemot, mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Laptop/ PC yang Lemot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel