Cara Burning CD / DVD Tanpa Menggunakan Software


Salam sejahtera untuk kita semua, pada pembahasan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya mem-burning CD/DVD tanpa menggunakan software. Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui apa itu Burning, nah disini akan saya jelaskan. Burning adalah proses mengcopy data dari CD atau DVD, teknik ini sering digunakan untuk mentransfer data yang berukuran besar seperti file movie dan album musik.

Ada dua cara memburning file kedalam CD/DVD yaitu menggunakan software seperti ImgBurn, CDBurnerXP, Ashampoo Burn, ataupun Nero. Bisa juga memburning CD/DVD tanpa aplikasi atau software (Jika komputer kalian menggunakan system operasi diatas versi windows XP seperti Windows 7,8 dan 10).

Menyimpan atau membackup data di CD/DVD cukup menjadi pertimbangan pengguna karena harga murah, sangat reliable (data di CD-R/DVD-R bisa bertahan selama puluhan tahun jika disimpan sesuai anjuran dari manufacturer-nya), dan kapasitasnya cukup besar yaitu sekitar 0,8-4,3 GB.

Meskipunn begitu, kalian juga harus mempertimbangkan kelemahan dari CD/DVD yaitu kecepatan backup yang agak  lambat dan sangat mudah pecah atau tergores.

cara burning CD

Cara Burning CD/DVD Tanpa Software

Nah disini kita akan belajar car Burning CD/DVD di Windows 10 (tutorial untuk versi Windows 7 dan 8 tidak jauh berbeda) tanpa menggunakan software yaitu fitur burning disc Windows 10 built-in untuk memburning video, musik, gambar dan data lainnya ke CD atau DVD.

Anda perlu mengetahui bahwa setelah file diburning kedalam CD atau DVD maka file tersebut tidak dapat di edit karena setelag diburning file akan tersimpan secara permanen.
Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara memburning CD atau DVD, mari ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1.  Masukkan CD/DVD kosong ke CD atau DVD driver PC kalian

2. Setelah itu, pilih file yang akan dimasukkan kedalam CD/DVD lalu klik kanan dan pilih Sent to > DVD RW Drive (F:)

3. Kemudian, tampil jendela Burn a Disck. Kalian dapat mengedit judul disc-nya di kotak dialog Disc title. Lalu centang atau pilih With a CD/DVD player. Klik Next.

4. Nah, file atau folder tersebut disalin ke CD/DVD writer Kalian dan akan terbuka di jendela baru. Tetapi jika tidak terbuka di jendela baru makan kalian bisa mencarinya di This PC > DVD RW Drive (F:)

5. Setelah file atau folder tersebut selesai disalin ke CD/DVD Writer kalian, klik tab Manage (Drive Tools) dan pilih Finish Burning.

6. Akan tampil jendela untuk mengubah nama atau judul Disc-nya di kotak dialog Disc Title kemudian klik Next.

7. Tunggu hingga proses burning CD/DVD selesai. Klik Next.

8. Nah sekarang file tersebut sudah berhasil di masukkan ke CD/DVD kosong yang sudah diburning. File tersebut tidak bisa dihapus karena bersifat permanen.

Artikel diatas sudah cukup menjelaskan mengenai cara memburning CD/DVD tanpa menggunakan software, cara ini hanya bisa dilakukan oleh compute yang system operasinya di atas Windows XP, seperti Windows 7,8 dan 10.

Mungkin itu saja artikel mengenai cara memburning CD/DVD tanpa menggunakan software, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.
Selamat mencoba, terimakasih.
loading...
loading...
loading...