5 Perintah Command Yang Berguna dan Sebaiknya Kalian Ketahui

Selamat datang para pembaca, pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai Command Prompt, apa itu Command Prompt? Simak artikel dibawah ini.

Mungkin banyak diantara kalian yang tidak mengetahuin betapa bergunanya Command Prompt. Disini kalian dapat menuliskan perintah-perintah Windows yang sangat berguna. Beberapa tools yang tidak dimiliki tampilan grafis seperti Command Prompt, berjalan jauh lebih cepat daripada tools yang menggunakan tampilan grafis. Kali ini saya akan memberikan cara mengetahui 10 perintah Windows yang berguna dan sebaliknya kalian ketahui dikala banyaknya perintah Command Prompt.


5 Perintah Command Yang Berguna dan Sebaiknya Kalian Ketahui
Add caption


ipconfig

Untuk perintah ipconfig mungkin sudah sering kamu dengar tetapi mungkin juga belum ada yang mendengarnya. Perintah ipconfig digunakan untuk melihat detail jaringan yang kamu gunakan, seperti ip address, mac address dan masih banyak lagi. Mungkin biasanya kamu melihat ip address dari Control Panel dengan melalui langkah yang panjang, tetapi dengan menggunakan perintah diatas kamu dapat dengan sekejap melihat ip address.

ipconfig /flushdns

Jika kamu mengganti DNS dan tidak segera mendapatkan efek dari DNS, mungkin kalian masih terperangkap di DNS yang lama. Windows menggunakan cache DNS untuk melakukan pengiriman data, ini akan menghemat waktu ketika kamu mengakses address yang sama di masa mendatang. Untuk membersihkan DNS chache, kamu dapat menggunakan ipconfig  /flushdns setelah mengganti DNS server.

ping, tracert alamat situs atau ip address

Jika kalian memeriksa sebuah situs atau komputer jaringan, kalian bisa menggunakan perintah ping disetrai dengan alamat situs atau ip address. Jika ping berjalan dengan lancar, berarti situs ip address tersebut tidak mengalami masalah. Tetapi jika kamu sering time out, berarti situs atau ip address tersebut bermasalah. Sebagai contoh kamu ingin mengakses facebook.com tetaoi tidak terbuka-terbuka, kamu bisa memeriksa dengan ping facebook.com. Jika time out berarti facebook mengalami masalah.

Ada juga perintah tracert untuk memeriksa situs atau alamat ip yang ingin kamu akses.

netstat -an

Perintah netstat juga sangat berguna untuk menampilkan berbagai macam network statistik. Perintah netstat memiliki banyak variasi dan salah satu yang berguna adalah netstat -an yang menampilkan daftar network yang terbuka pada jaringan komputer yang kalian miliki. 

shutdown

Command Prompt juga bisa kamu gunakan untuk menuliskan perintah shutdown, selain itu kalian bisa juga menggunakan perintah tersebut sebagai shortcut. Dengan begitu kalian bisa akan lebih cepat melakukan shutdown dibandingkan dengan menggunakan menu tampilan shutwond. Berikut perintah yang bisa kalian gunakan:

Shutdown: shutdown /s /t 0
Restart: shutdown /r /t 0
Restart ke Startup Option: shutdown /r /o

Nah itu tadi adalah perintah atau Command Prompt yang bisa kalian gunakan dan berguna untuk Laptop /Pc kalian. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua.
Terimakasih sudah berkunjung ke artikel ini dan jangan bosan ya :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4