5 Cara Menghemat Baterai Pada Laptop

Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai 5 Cara Menghemat Baterai Pada Laptop langsung, saja simak ulasan berikut ini :

Jaman semakin lama semakin berkembang, teknologi semakin bagus dan handal. Namun tak lepas dari itu alat ataupun teknologi yang kita gunakan semua mengandu baterai dan baterai itu mempunyai kapasitas ketahanannya. Seperti Laptop, laptop pada jaman sekarang sudah tidak awan lagi dikalangan masyarakat, hampir setiap orang mengenal bahkan mempunyai Laptop.

Lalu bagaimana agar Laptop yang kita gunakan dapat memiliki ketahanan Baterai yang sangat lama? simak artikel berikut ini :

tips menghemat baterai laptop, manfaat menghemat baterai, cara menghemat baterai laptop,


1. Aktifkan Mode Battery Saver
Windows 10 dilengkapi dengan dua mode daya, yakni mode penghemat dan mode normal. Nah cara paling mudah untuk menghemat baterai laptop adalah dengan cara mengaktifkan mode "Battery saver"

Fitur ini aka secara otomatis memanjemenkan penggunaan daya di Laptop Windows 10 sehingga lebih hemat. Secara default mode battery saver akan aktif ketika baterai Laptop kamu sisa 20%.

Kamu bisa menaikkan persentase ini jika kamu sering bekerja secara mobile dan butuh menghemat daya agar Laptop lebih tahan lama Baterainya,

Untuk mengaturnya kamju buka Setting > System > Battery > Battery Saver settings > lalu sesuaikan ke persentase yang kamu inginkan.

2. Mengubah Power plan
Selain mengaktifkan mode battery saver, kamu juga harus mengubah power plan ke power saver agar laptop hemat baterai. Caranya klik kanan ikon baterai > Power Options > ubah ke Power Saver.
Dengan begitu, kamu bisa menggunakan laptop tanpa charging dalam waktu yang selama mungkin. Tentu, performa laptop Windows 10 akan turun.
Windows memang dilengkapi dengan beberapa power plan secara default yang bisa kamu modifikasi, bahkan kamu bisa membuat yang baru dari awal.

Untuk mengaktifkan Power plan dengan cara klik kanan di system tray > power options > Change plan settings di power plan yang ingin kamu modifikasi > Change advanced power settings. Nah disitu kamu bisa mengubahnya secara manual. 

3. Mengatur Power dan Sleep
Kamu bisa mengatur berapa lama layar mati otomatis ketika laptop dalam kondisi idle menggunakan baterai melalui Settings > System > Power & sleep.
Ini penting agar daya baterai laptop tidak terbuang percuma untuk menyalakan layar ketika sedang tidak kamu gunakan. Kamu bisa mengatur layar akan mati otomatis jika dalam 1 atau 2 menit laptop tidak digunakan.

4. Turunkan Brigthness atau Aktifkan Brightness Adaptive
Bukan rahasia lagi bahwa layar merupakan salah satu komponen laptop yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai. Jadi jika sedang membutuhkan baterai yang tahan lama kamu wajib menurunkan Brigthness di layar kamu.
Selain itu, Windows 10 secara otomatis dapat mengontrol kecerahan layar dengan bantuan fitur inbulit. Ini akan meredupkan layar bila kamu berada dalam gelap. Kamu mengaktifkan fungsi di Power Options.  
Caranya :

a. Buka Power Options pada Windows 10
b. klik Change plan settings, jika sarankan pada mode power saver
c. Sekarang klik Change advanced settings, 
d. Dibawah tab Advanced settings, gulir kebawah untuk menemukan display dan klik (+)
e. Lalu aktifkan Adaptive Brigthness dan klik Ok untuk menyimpan pengaturan.
Catatan : Fitur ini akan bekerja jika laptopmu memiliki sensor cahaya ambient diinstal.

5. Menonaktifkan Live Tiles
Selain memakan kuota internet untuk menampilak informasi tersebut, baterai juga terkuras. Untuk menonaktifkan Live Tiles caranya klik Start Menu dengan menekan tombol Windows pada bagian pojok kiri bawah. Kemudian klik kanan pada salah satu Tiles, lalu pilih Opsi Turn tile off.

Nah itu tadi sedikit ulasan 5 Cara Menghemat Baterai Pada Laptop , mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4