Pengertian USB (Universal Serial Bus)

Assalamualaikum Wr.Wb



Salam sejahtera untuk kita semua, semoga hari hari kita di penuhi dengan ilmu yang bermanfaat dan berguna, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai USB (Universal Serial Bus) untuk kejelasannya simak artikel berikut:

1. Pengertian USB (Universal Serial Bus)

USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita. USB sangat mendukung transfer data sebesar 12 Mbps ( juta bit per detik). Komputer (PC) saat ini, umumnya sudah memiliki port USB. Biasanya disediakan minimal 2 port. Jika dibandingkan dengan paralel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya.

Gambar USB, pengertian usb, perbedaan usb

Beberapa keistimewaan USB


  • Komputer bisa diposisikan menjadi sebuah host.
  • Lebih dari 127 perangkat dapat tersambung ke komputer secara langsung maupun menggunakan hub USB.
  • Kabel USB yang digunakan secara langsung bisa mencapai 5 meter. Sedangkan jika menggunakan perangkat hub bisa mencapai 30 meter.
  • Perangkat USB bersifat ‘hot swappable’ artinya perangkat keras yang sudah menggunakan port USB bersifat plug and play.

Kabel USB

Jika dibuka, kabel USB akan terlihat ada 4 warna, yaitu merah, coklat, kuning dan biru. Kabel berwarna merah dan coklat berfungsi sebagai power / untuk arus listrik. Kabel berwarna kuning dan biru berfungsi untuk membawa / mentransfer data.

Cara Menghubungkan USB Flash disk dengan Komputer

Flash disk merupakan salah satu perangkat yang menggunakan USB port untuk menghubungkannya dengan komputer. Flash disk berfungsi sebagai media penyimpanan data. Cara menghubungkan Flash disk ke komputer sangat mudah. Masukkan flash disk tersebut ke port USB yang telah tersedia. Jika komputer kita menggunakan Windows XP maka secara otomatis Flash disk tersebut akan dikenali. Sedangkan jika kita menggunakan windows 98 atau windows 9x maka biasanya driver Flash tersebut harus terlebih dahulu di install. Setelah Flash disk dikenali kita sudah bisa memulai menyalin data dari / flash disk ke hardisk kita.

Daftar Istilah
  1. Port = tempat untuk memasukkan kabel / peripheral lainnya ke komputer kita.
  2. Peripheral = perangkat / perlengkapan
  3. Hub = Alat untuk menghubungkan dan memperkuat sinyal satu komputer dengan komputer lainnya melalui media kabel
  4. Plug and play = bisa langsung dikenali dan digunakan oleh komputer
  5. Flash disk = media penyimpanan data yang menggunakan teknologi USB. Biasanya besar minimal penyimpanan datanya adalah 128 Mb.

Terimakasih telah membaca artikel ini, setelah kalian membaca artikel ini kalian telah menambah wawasan dan menambah ilmu pengetahuan, jangan bosan berkunjung.
Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian USB (Universal Serial Bus)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel