Resep Memasak Timpan Khas Aceh Lezat

  • 2 min read
  • Jan 18, 2021

Timpan Khas Aceh. Kue basah khas aceh paling terkenal dan digemari. Kulitnya dibuat dengan dari adonan tepung ketan, labu, dan santan. diberi isian inti kelapa dengan gula. #Homemade Recipe Mudah-mudahan membantu bagi anda yang baru atau sedang belajar memasak. Subcribe , like and share yaa jika anda menyukai video ini. ¤.

Timpan Khas Aceh Kue timpan termasuk ke dalam jenis kue basah yang berbahan dasar ketan dan pisang raja. Nah kali ini brilio.net akan memberi tahu resep dan cara membuat kue timpan labu khas Aceh yang. Nah, daripada bosan di rumah seharian,mending kita memasak kue saja, pagi ini saya akan berbagi cara membuat salah satu kue khas aceh yaitu "Timphan".. Kamu dapat memasak Timpan Khas Aceh using 14 bahan and 4 langkah. Disini Menunjukkan menyiapkan itu.

Bahan – Bahan Timpan Khas Aceh

  1. Siapkan Kulit: 200 gr tepung ketan.
  2. Siapkan 250 gr pisang raja (hancurkan).
  3. Siapkan 1/4 sdt garam.
  4. Kamu Butuh 2 sdm santan kental.
  5. Cukup 1 sdm air kapur sirih boleh diganti ¼ sdt baking powder.
  6. Kamu Butuh Isian: 200 gr kelapa muda parut.
  7. Cukup 100 gr gula pasir.
  8. Siapkan 1/2 sdt garam.
  9. Cukup 2 butir telor ayam.
  10. Siapkan 25 gr nangka cincang kecil².
  11. Cukup 50 ml santan kental.
  12. Kamu Butuh 1 sdt terigu.
  13. Cukup 1/4 sdt vanili bubuk.
  14. Kamu Butuh 1 lembar daun pandan simpulkan.

Khas Aceh Lezat – Timphan atau timpan merupakan penganan lokal atau makanan ringan khas Langkah Membuat Kue Tradisional Timphan Aceh Enak. Namun, isi varian yang menjadi favorit saya yang isinya srikaya," ucapnya. Cara Membuat Timpan Labu Khas Aceh. Resep Timphan Labu Khas Pidie Aceh.

Langkah Timpan Khas Aceh

  1. Cara buat: Adonan kulit, masukan tepung ketan dan pisang yang telah dihaluskan sebelumnya dalam satu wadah aduk hingga tercampur rata. Tuangkan santan kental, air kapur sirih dan garam dapur aduk hingga benar-benar tercampur rata. Kemudian sisihkan dahulu..
  2. Isi: campurkan telur ayam dan gula pasir kocok hingga kental. Tambahkan tepung terigu dan santan kental sambil diaduk hingga merata. Masukkan nangka masak yang sudah di cincang, parutan kelapa muda dan daun pandan aduk sampai rata dan masak hingga mengental. Angkat lalu tambahkan vanili & aduk rata.
  3. Siapkan daun pisang, oles permukaannya dengan minyak goreng. Ambil adonan kulit secukupnya lalu tipiskan & beri isian. Kemudian tangkupkan.
  4. Kukus kurang lebih 10 menit atau smp matang. Angkat & sajikan.

Makanan khas Aceh ini sudah terkenal semenjak masa kakek nenek. Kue timpan dibuat dengan bahan utama campuran tepung ketan dan pisang (biasanya pisang raja). Timpan khas Aceh yang manis dan legit ini pasti bikin perut senang. Konon katanya supaya rasa khas Acehnya semakin nendang, pemasak menggunakan tiga cabai sekaligus yang dimasak, yaitu cabai merah, cabai rawit, dan juga cabai kering. Kue Timpan ini memiliki cita rasa yang sangat khas, perpaduan rasa manis dan gurih pada adonan ketan tentu memberikan Sekian pengenalan tentang "Kue Timpan Makanan Tradisional Dari Aceh".

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *